PEKANBARU - Aksi Polisi Lalu Lintas dari Polresta Pekanbaru Provinsi Riau, Aiptu Bella Adi Saputra patut diacungi jempol. Ia nekat melompat dari sepeda motornya demi meringkus pelaku jambret, Kamis (16/2/2017) siang tadi.

Meski seorang diri, aksi heroik Aiptu Bella pun sukses. Satu pelaku berinisial Ys berhasil dibuat keok, sedangkan satu orang lagi melarikan diri. Selain itu harta benda yang sebelumnya sempat disikat pelaku juga berhasil diamankan.

Perbuatan terpuji Aiptu Bella ini ternyata sampai juga hingga ke kuping Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto. Beberapa jam berselang setelah perstiwa tersebut, dia pun dipanggil menghadap ke ruangan.

"Berapa orang tadi pelakunya," tanya Kombes Susanto. "Dua orang pak," jawab Aiptu Bella dengan sigap. Mendengar itu, Kapolresta Pekanbaru sempat dibuat kaget. "Dua orang hebat juga," kata Kombes Susanto seperti yang diceritakan Polantas ini.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto memanggil bawahannya ini untuk memberikan apresiasi (reward) lantaran telah menjalankan serta melaksanakan tugas dengan maksimal. Apalagi berhasil menggagalkan aksi kejahatan.

"Ini bentuk quick respon, apa yang dilakukan itu sangat diapresiasi, dalam kesibukannya mengatur lalu lintas Aiptu Bella berhasil menggagalkan aksi jambret. Semoga ini bisa dilakukan yang lainnya," kata Kombes Susanto.

Diberitakan sebelumnya, Ys dan seorang rekannya beraksi dengan menjambret tas milik seorang wanita bernama Aulia, pukul 10.30 WIB tadi. Ketika itu korban sedang berhenti di depan My Bank, Jalan Jenderal Sudirman.

Baca Juga: Temukan Pecahan Busi, Pelaku Jambret yang Dibekuk Polantas Heroik Diduga Terlibat Aksi Pecah Kaca

Kebetulan, Aiptu Bella tak jauh dari sana, tepatnya di depan Permata Bank. Melihat kejadian tersebut, ia pun menggeber motornya dan memburu kawanan tersebut bahkan terlibat aksi kejar-kejaran yang cukup sengit.

Akhirnya, motor pelaku pun berhasil dikejar. Setelah berada dalam jarak yang cukup dekat, Polantas heroik ini memutuskan untuk mengeksekusi pelaku, tepat di persimpangan Jalan Setia Budi-Jenderal Sudirman.

Aiptu Bella nekat melompat dari kendaraannya bak di film-film action, sehingga satu orang berhasil terpental dari sepeda motornya, termasuk Polantas ini. Baca Juga: Gila! Polantas Ini Nekat Lompati Pelaku Jambret dari Atas Motor

Karena seorang diri, satu pelaku akhirnya lolos, sedangkan Ys dibawa ke Polresta. "Barang bukti (Tas) berhasil diselamatkan," sebut Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Budi Setiawan kepada GoRiau.com (GoNews Group). ***