PASIRPENGARAIAN, GORIAU.COM - Terjangan angin dan fenomena hujan es yang terjadi di Desa Rokan dan Desa Rokan Koto Kecamatan Rokan IV koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, Senin malam (3/8/2015) kemarin, menyebabkan puluhan rumah rusak.

Menurut informasi yang berhasil dirangkum GoRiau.com, Selasa(4/8/2015), tercatat ada enam rumah rusak berat dan tiga puluh rumah lainnya rusak ringan, akibat fenomena langka berupa turunnya hujan es sebesar jari tangan, disertai angin kencang pada Senin malam (3/8/2015).

Seperti penuturan warga Desa Rokan Kecamatan Rokan IV Koto, Hariman Alqi, sebagian masyarakat saat ini secara swasembada bergotong royong memperbaiki rumah warga. "Iya, saat ini kami sedang memperbaiki rumah yang terkena dampak angin dan hujan es tadi malam," tutur Hariman.

Sementara itu berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, tujuh rumah rusak berada di wilayah RT 01/RW 02 Desa Rokan, dan 30 rumah rusak terdapat di Desa Rokan Koto.

Hal tersebut diungkapkan oleh ketua BPBD Rokan Hulu Acheng Herdiana."Selain rumah warga juga ada tempat fasilitas umum yang rusak, yaitu satu bangunan Mushola Nurul Iman dan gedung SDN 002," ungkapnya

Acheng juga menambahkan, saat ini timnya sedang melakukan pendataan lebih lanjut, dan sampai berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa maupun kerugian akibat musibah tersebut.

Sementara itu warga mengaku sampai saat ini belum ada bantuan materi dari pemerintah daerah kepada masyarakat yang menjadi korban. (dnl)