PEKANBARU - Sebuah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) tampak sedang dibangun di Jalan Tuanku Tambusai, tepat di depan Sekolah Tri Bakti, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. JPO itu terlihat sudah memiliki bagian pagar yang belum diselesaikan, Selasa (11/1/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengaku bahwa JPO itu sudah lama direncanakan. Pembangunan JPO ini bertujuan utama untuk jalur penyeberangan anak-anak sekolah, karena lalu lintas di jalan tersebut cukup ramai.

"Dasarnya kan di situ ada sekolah, dan itu atas usulan sekolah. Karena lalu lintas cukup padat, sehingga anak-anak mau menyeberang itu sangat berbahaya," ujarnya, Selasa (11/1/2022).

Menurutnya, pembangunan JPO ini dilakukan setelah ada rekomendasi dari walikota dengan anggaran yang sudah sah. Dishub juga sudah melakukan kajian dan berbagai proses lain yang diperlukan.

"Pada akhirnya, sudah keluar izinnya dari DPMPTSP, dibangun itu jembatan. Sudah keluar (izinnya, red), malah di depan mata kita, kecuali tidak nampak di mata mungkin," jelasnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya pihak ketiga juga sudah melakukan MoU dengan walikota, yang selanjutnya melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dishub. Kerja sama dengan pihak ketiga ini dilakukan berjalan sekitar 5 tahun.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Akmal Khairi menegaskan belum mengeluarkan izin pembangunan JPO yang dimaksud. Menurutnya, mengurus perizinan JPO tersebut membutuhkan proses yang panjang dan bangunan apapun belum boleh berdiri sebelum izin itu ada.

"Belum ada izinnya dari DPMPTSP Pekanbaru. Harusnya setelah rekomendasi (dari Dishub, red) baru masuk ke kami, kalau lengkap segalanya baru kami keluarkan," terangnya.

Akmal juga mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan siapa pemilik JPO yang sedan dibangun tersebut. Namun, ia kembali menegaskan bahwa JPO itu belum berizin. ***