JAKARTA - Albert Pelealu tampil menawan dan makin percaya diri dengan Head For Heights, warmblood asal Belanda yang menjadi tunggangannya dalam memperebutkan tempat di Timnas Equestrian Asian Games Indonesia, khususnya dari disiplin Eventing (trilomba).

Abe/Head For Heights kini memimpin di urutan teratas dalam perburuan empat tempat di timnas Equestrian dari Eventing ini, usai penampilannya di disiplin Cross Country pada hari kedua babak III kualifikasi Eventing Equestrian Asian Games 2018 di Arthayasa Stable, Cinere, Depok, Jumat (11/5/2018).

Pasangan Abe/Head For Heights (JB Stable/Universitas Budi Luhur) melompat ke posisi pertama dalam persaingan di antara atlet/rider yang yang sudah memperoleh MER di babak III kualifikasi Eventing Asian Games (CNC 1) ini.

Abe/Head For Heights mencatat total penalti terendah 32.3 % dari dua hari penampilannya, melalui kompetisi Dressage dan Cross Country. Pasangan Abe/Head For Heights menggusur Jojo Jonathan/Gwenn Do Empo (Emporium Horse Club) dari peringkat pertama.

Jojo/Gwenn Do Empo kini terlempar ke posisi ketiga dengan total penalti 35.6%, Posisi kedua ditempati Steven Menayang/Riga (Elang 45 Stable) dengan 32.5%, posisi keempat Riko Ganda Putra Febrianto/Lelis Blanch (Balaturangga Denkavkud) dengan total penalti 37.3%, dan urutan kelima Serda Jamhur Hatta/Bunga Azalea (Balaturangga Denkavkud) dengan total penalti 40.2%.

Babak III kualifikasi Eventing Equestrian Asian Games ini masing-masing diikuti delapan atlet/rider untuk seleksi nasional kategori CCI untuk memperoleh MER (Minimum Eligibility Requirement/Kelayakan Persyaratan Minimum), dan lima rider yang sudah memenuhi MER.

MER adalah standar yang ditetapkan Federasi Equestrian Internasional (FEI) untuk rider yang layak tampil di event-event internasional, termasuk Asian Games XVIII/2018.

Pasangan Abe/Head For Heights, Jojo/Gwenn Do Empo, Steven Menayang/Riga, Riko Febrianto/Lelis Blanch dan Jamhur Hatta sama-sama sudah memperoleh MER-nya dari seri II babak kualifikasi yang digelar 27-29 April lalu di APM Equestrian Centre, Tangerang. Satu rider lain juga sudah mendapatkan MER dari keikutsertaannya di seri II kualifikasi, yakni Alvaro Menayang. Namun, Alvaro tak ikut di seri III kualifikasi di Arthayasa ini karena kudanya, All Right, sedikit bermasalah dengan kakinya.

Hanya rider yang sudah memenuhi MER berhak mewakili Timnas Equestrian Asian Games XVIII/2018 ini. Penentuan empat rider dari Eventing ini akan dilihat dari total persentase penampilannya dari tiga seri kualifikasi yang menerapkan MER. Seri terakhir kualifikasi akan digelar 8-10 Juni mendatang di APM Equestrian Centre, Tangerang.***