TELUKKUANTAN - Di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 senilai Rp34 miliar. Angka itu dua kali lipat bila dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Jupirman, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuansing, sebagian dana tersebut akan diswakelola oleh kepala sekolah.

"Ada 92 sekolah di Kuansing yang akan menerima dana tersebut, terdiri dari 63 SD, 26 SMP, 2 TK dan satu SKB," ujar Jupirman, Kamis (23/5/2019) di Telukkuantan.

Setiap sekolah yang menerima dana tersebut berbeda-beda, sesuai dengan tingkat kerusakan dari analisis yang dilakukan Disdikpora Kuansing. Dikatakan Jupirman, sekolah yang mendapat DAK tersebut diusulkan sejak tahun lalu.

Ads
"Sasarannya diperuntukkan untuk RKB baru, bangunan labor, perpustakaan, toilet dan pengadaan buku," ujar Jupirman.

Agar kepala sekolah tidak salah langkah, Disdikpora Kuansing sudah menggandeng TP4D Kejari Kuansing. Para kepala sekolah pun sudah mendapat sosialisasi yang dilakukan Rabu, 22 Mei 2019 di Gedung Narosa Telukkuantan.

"Selain itu, kita juga telah menunjuk enam orang fasilitator yang akan membimbing Kepsek mengelola dana tersebut," kata Jupirman.

Dengan demikian, dana yang diswakelola tersebut digunakan sesuai kebutuhan dan tepat sasaran. Jika sudah demikian, kata Jupirman, maka tidak ada lagi sekolah yang rusak dan fasilitasnya sudah lengkap.***