BENGKALIS, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengatakan,keberadaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangat penting karenamempunyai tugas pokok dan fungsi yang sangat strategis danmenentukan.

Sebab, kata Ahmad Syah, PPK merupakan perpanjangan tangan KomisiPemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis yang akan melaksanakankebijakan-kebijakan organisasi di tingkat kecamatan. Melaksanakankoordinasi dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditingkat desa/kelurahan.

Karena itu, seluruh anggota PKK Kecamatan Pinggir, khususnya yang barusaja dilantik sebagai Penggantian Antar Waktu (PAW), harap Ahmad Syah,agar segera dan selalu melakukan koordinasi. Baik itu secara vertikalmaupun horizontal dengan seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Sehingga tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalampenyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun2015, khususnya di Pinggir, terlaksana dengan sebaik-baiknya," pesanAsisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Riau ini,ketika menghadiri pelantikan 5 orang anggota PPK PAW KecamatanPinggir, Senin (14/9/2015) pagi.

Kelima PPK PAW yang lantik Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Defitri Akbardi Gedung Aula Kantor Camat Pinggir Jalan Bathin Muajolelo DesaPinggir itu, adalah Abdul Rahman, Muhammad Anas Susilo, Yazib,Muhammad Rahim dan Suparman. Mereka menggantikan Rahmad WahyudiHidayat, Wilson Situmorang, KH Atosmen, Zulkifli dan Abdullah.

Masih kata Ahmad Syah, sebagai penyelenggara, dalam menjalankan amanahyang dipercayakan, seluruh anggota PPK harus jujur dan adil (Jurdil).Jangan sampai timbul konflik atau sengketa Pilkada dikarenakan adayang tidak netral. Setiap anggota PPK mempunyai tanggung jawab yangtinggi dalam menjaga stabilitas sosial politik pada Pilkada serentaktahun 2015, khususnya di Kecamatan Pinggir.

''Seluruh anggota PPK Pinggir harus bersikap profesional. Tidak bolehberpihak kepada salah satu pasangan calon. Untuk itu, pahami secarabaik dan benar setiap tugas, wewenang dan tanggung jawab yang harusdilaksanakan," pesannya.

Selain Defitri Akbar, Komisioner KPU Bengkalis yang hadir antara lainKhairul Saleh alias Atah. Kemudian Camat Pinggir Nazli beserta staf.Sementara dari pejabat kabupaten yang ikut hadir Kepala Satuan PolisiPamong Praja H Nazamuddin, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi HARidwan Yazid, serta Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat danPemerintahan Desa H Ismail.

Defitri Akbar menjelaskan, pelantikan ke-5 PPK Pinggir PAW itu karenaPKK yang lama mengundurkan diri "Rekrutmen PPK Pinggir yang baru inisama seperti rekrutmen awal. Semuanya sama, tak ada beda, juga melaluiseleksi. Meskipun sebenarnya KPU Kabupaten Bengkalis dapat menunjuklangsung," jelas Defitri.

Di bagian lain Defitri mengatakan, dalam berbagai peraturanperundang-undangan, Penyelenggara Pilkada serentak tahun 2015 danAparatur Sipil Negara, merupakan dua elemen yang paling banyakdisorot.

"Dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015, baikASN maupun penyelenggara di semua tingkatan, keduanya memang harusbersikap netral. Bagi yang melanggar sanksinya tegas," ujar Defitri.(ail)Â