JAKARTA - Sejumlah atlet Indonesia memilih menjadi mualaf setelah memantapkan diri memeluk Islam.

Beberapa di antaranya memutuskan berpindah keyakinan saat mencapai puncak karier. Namun, ada juga sebagian atlet lainnya yang hijrah saat sudah pensiun.

Berikut lima atlet Indonesia yang menjadi mualaf:

1. Maria Febe Kusumastuti

Maria Febe Kusumastuti adalah salah satu atlet bulu tangkis putri terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia, Maria memutuskan menjadi mualaf pada 2017, atau setahun setelah ia pensiun.

Maria mengumumkan pindah keyakinan via telekonferensi dari Ortario, Kanada. Setelah itu menjadi seorang muslimah, ia menikah dengan mantan pebulu tangkis Indonesia, Andrei Adistia, pada tahun yang sama. Sejak itu, Maria mengenakan hijab sebagaimana ajaran dalam Islam.

2. Markus Horison

Markus Horison cukup dikenal di masyarakat Indonesia karena rambutnya yang selalu botak. Dia merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Markus Horison memeluk Islam pada 2004 silam. Usai menjadi muslim, Markus memiliki nama Muhammad Haris Maulana. Keputusan Markus berpindah keyakinan sempat mendapatkan penolakan dari keluarga. Akan tetapi, Markus mampu melewati berbagai masalah yang timbul dari keputusannya menjadi mualaf. Dia pun tampak taat menjalani perintah Allah SWT.

3. Diego Michiels

Pemain ini terkenal dengan tato yang hampir memenuhi sekujur tubuhnya. Dia sudah lama mempelajari Islam sejak asih tinggal di Belanda.

Diego Michiels, pemain naturalisasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia, ini resmi berpidah keyakinan pada 2013 lalu. Dia memeluk agama Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Setelah menjadi mualaf, Diego pun mengubah namanya menjadi Diego Muhammad Bin Robbie Michiels.

4. Lindswell Kwok

Lindswell Kwok merupakan atlet wushu yang berasal dari Sumatera Utara. Ia atlet yang kaya prestasi baik di tingkat nasional dan internasional.

Dia meraih lima medali emas di kejuaran dunia wushu (2009, 2013, 2015, 2015 dan 2017). Lindswell juga menyumbang medali emas di Asian Games 2018 Jakarta.

Lindswell Kwok diketahui telah mempelajari Islam sejak 2015. Ia semakin tertarik pada Islam saat melihat rekannya sesama atlet wushu, Juwita Niza Wasni, salat. Lindswell pun memantapkan diri untuk berpindah keyakinan dengan memeluk agama Islam.

Kendati begitu, Lindswell baru mempublikasikannya kepada publik soal agamanya usai gelaran Asian Games 2018. Lalu, pada akhir 2018, Lindswell memutuskan menikah dengan Hulaefi, tepatnya pada 9 Desember 2018.

5. Cristian Gonzales.


Siapa yang tak mengenal Cristian Gonzales? Mantan striker Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003. Keputusan itu diambil mantan pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu setelah menikahi perempuan bernama, Eva Nurida Siregar. Gonzales pun memiliki nama Islam, yakni Mustafa Habibi.

Gonzales sendiri memiliki karier yang gemilang meningkat pesat usai menjadi mualaf. Penyerang kelahiran Uruguay itu tiga kali menjadi top skor Liga Indonesia, tepatnya pada 2005, 2006, dan 2007-2008. Di kancah tim nasional (timnas), Gonzales membantu Indonesia menyabet status runner-up di Piala AFF 2010.***