PANGKALAN KERINCI - Puluhan desa di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warga terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Zamhur Das, Rabu (27/5/2020) mengatakan, pencairan BLT DD akan terus dilakukan.

"Sampai sekarang suda ada 45 desa yang telah menyalurkan BLT DD Covid-19 di Pelalawan," sebutnya.

Penyaluran BLT DD di Pelalawan sudah 40 persen tersalurkan kepada masyarakat penerima. Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat agar DD dialihkan untuk BLT Covid-19 yang besarannya beragam, dari 25 hingga 35 persen.

"Sebanyak 45 desa dari 104 desa yang ada sudah menyalurkan BLT DD. Sisanya 59 desa lagi masih proses pengajuan pencairan dana ke Pemda," paparnya.

Pasalnya, kata Zamhur, sebagian besar desa yang telah mencairkan DD tahap pertama sudah terlanjur menggunakan anggaranya untuk operasional maupun pembangunan fisik.

"Tentu tak bisa dialihkan lagi untuk penanganan Covid-19, terpaksa menunggu pencairan DD tahap ll agar bisa dialokasikan untuk BLT," tandasnya.*