PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru memberikan penghargaan kepada 42 sekolah tingkat TK, SD, SMP Negeri dan swasta se Kota Pekanbaru yang dianggap telah menjalankan program sekolah sahabat keluarga.

Adapun 42 sekolah tersebut terdiri dari lima TK, 20 SDN, tujuh SD swasta, enam SMPN, dan empat SMP swasta.

Tim Pengembangan Program Sahabat Keluarga Kota Pekanbaru, Sahran Ritonga menuturkan sekolah-sekolah yang telah diberikan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi telah menjalankan program sahabat keluarga.

Diantaranya yaitu melibatkan keluarga dan masyarakat terkait program sekolah, melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan kekerasan, serta melibatkan anak dan peserta didik dalam praktik baik yang ada di sekolah.

"Jadi sekolah-sekolah yang di SK kan tadi adalah sekolah yang telah mengirimkan portopolio ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengikuti program sekolah sahabat keluarga," ujar Sahran di dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Senin (30/9/2019).

Ditambahkannya program sekolah sahabat keluarga merupakan program dari Kemendikbud yang mana diperlombakan ya secara nasional. Dan dinilai oleh pihak Kemendikbud.

Sebagaimana diharapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, lanjut Sahran, tahun 2019 hendaknya menjadi tahun prestasi untuk dinas pendidikan. "Target kita juara umum, TK juara, SD juara, SMP juara, itu yang kita harapkan. Dan menurut informasi, pengumuman lomba ini akan di umumkan pada bulan Oktober nanti," tutupnya.***