PEKANBARU - Sebanyak 4.000 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk pengamanan kunjungan kerja (kunker) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Provinsi Riau, Senin (16/9/2019). Jokowi dijadwalkan akan melakukan rapat terbatas membahas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

Hal itu disampaikan Komandan Korem 031/Wirabima, Brigjen TNI Muhammad Fadjar kepada GoRiau.com. Saat ditanya pukul berapa orang nomor satu di Indonesia tiba di Bumi Lancang Kuning, dirinya belum bisa memastikan jam berapa.

"Dinamika tinggi di Jakarta. Kita siap jam berapa pun Presiden RI tiba di Pekanbaru. Kita juga sudah gelar pasukan," kata Brigjen TNI Fadjar.

Dirinya juga menyampaikan, saat ini satgas darat yang terdiri TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api, sudah berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi terjadinya karhutla.

"Kondisi karhutla di Riau sudah mulai berkurang. Namun, karena banyak lahan gambut yang terbakar, tidak cukup sehari memadamkannya. Dibandingkan memadamkan lahan mineral," ungkapnya. ***