PEKANBARU - Dari 10 fakultas yang ada di Universitas Riau (Unri), 33 persen program studi (Prodi) telah mendapatkan akreditasi A.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof.  Dr.  Ir.  Thamrin,  M. Sc melalui staf pendamping Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.  Rahman Karnila,  S.Pi., M.Si, jumlah tersebut merupakan jumlah dari 91 program studi yang sudah diperbaharui sesuai dengan rekap akreditasi Prodi per Fakultas pada tahun 2018.

"Kita sekarang sudah 33 persen akreditas A dan itu akan dinaikkan terus, karena kenaikan akreditasi ini dilaksanakan dalam 5 tahun sekali dan boleh dipercepat 1 atau 2 tahun sekali, tergantung program studi, dan itu juga punya batas waktunya," kata Rahman Karnila, Rabu (19/12/2018).

Ia juga menambahkan bahwa untuk saar ini Unri memiliki 10 fakultas diantaranya yaitu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Psngetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK),  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP), Fakultas Pertanian (FP) Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran (FK)  Fakultas Hukum (FH)  dan fakultas Keperawatan (FKp).

Dari 10 fakultas di atas ada beberapa program  studi yang mendapat Akreditasi A yaitu, untuk Fisip ada prodi Ilmu Administrasi, Ilmu Administrasi Public, Ilmu Hubungan Internasional, Sosiologi dan Usaha Perjalanan Wisata. Sedangkan untuk FKIP yaitu,  prodi Pendidikam Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi,  Pendidikan Fisika,  Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika. 

Untuk FMIPA ada tiga prodi yaitu,  Biologi, Kimia dan Matetamika.  Sedangkan pada FEB hanya dua prodi yaitu Akuntansi dan manajemen. Selain itu,  pada FPK prodi yang mendapat akreditasi A cukup banyak diantaranya ada Budidaya Perairan,  Ilmu Kelautan,  Managemen Sumber Daya Perairan,  Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan,  dan teknologi hasil perikanan.  

Sedangkan FP hanya memiliki dua prodi terakreditas A yaitu Agribisnis dan Agroteknologi. Untuk FT ada teknik Kimia dan Teknik Sipil. Selain itu untuk FH ada,  Ilmu Hukum, sedangkan yang terakhir untuk FKp yaitu  Ilmu Keperawatan dan Ners. 

Selain program studi yang saat ini sudah meraih akreditasi A, Unri juga telah membuka beberapa prrogram baru pada untuk bidang provesi, S2 dan S3 yaitu,  Ilmu komunikasi S2,   Pendidikan Biologi S2, Pendidikan Fisika S2, sedangkan untuk profesu ada Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar (SD), Ilmu Kimia S3,  Ilmu Fisika S3 ,  Statistika S1 dan Profesi bagian Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi. ***