TEMBILAHAN- Ribuan masyarakat meramaikan festival menongkah yang dilaksanakan di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Riau, Minggu (7/8/2016).

Kegiatan yang ditaja Dinas Pemuda dan Olahraga itu juga meraih rekor dari MURI dengan kategori mandi lumpur terbanyak dengan jumlah 147 orang.

Bupati Inhil, HM Wardan dalam kesempatan itu menuturkan, menongkah merupakan kegiatan yang unik, dan merupakan budaya yang sangat penting serta telah menjadi ikon Inhil, maka kegiatan menongkah atau mencari kerang ini perlu terus dilestarikan bahkan juga sudah dipromosikan keberbagai daerah hingga ke luar Negeri.

''Karena keunikan kegiatan ini, pemerintah bersama masyarakat kabupaten Inhil berupaya menjadikan iven ini sebagai agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya,'' ujar Bupati.

‎Event budaya tradisional yang dilakukan setiap hari oleh suku Duanu ini, dikatakan Bupati merupakan salah satu upaya untuk menggelorakan dan memasyarakatkan kearifan budaya lokal.

''Oleh sebab itu, sangat diperlukan penanganan yang serius serta kerjasama dari berbagai pihak sehingga budaya tradisional yang kita miliki ini dapat dikenal diseluruh tanah air bahkan luar negeri, sehingga tercipta sarana pariwisata yang nantinya di harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Inhil yang sama-sama kita cintai,'' tukas HM Wardan.

Sementara itu, Kadisporbudpar Inhil, Junaidi Ismail menambahkan, kegiatan festival menongkah ini akan terus dilakukan dan dikembangkan setiap tahunnya.

''Kita akan terus melestarikan dan mempromosikan kepada khalayak ramai tentang kegiatan menongkah ini,'' sebut Junaidi Ismail.(*/ayu)