PEKANBARU - Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Riau akan menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur XIII di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada akhir September 2018 mendatang.

Dalam ajang kejurnas yang akan digelar tanggal 22 September hingga 29 September 2018 mendatang itu, setidaknya ada lebih dari 300 atlet panjat tebing yang akan berlaga dari 27 provinsi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Sekretaris Pengprov FPTI Riau, Yudhi Muis Syarief saat bercerita dengan GoRiau.com di Kantor KONI Riau, Selasa (18/9/2018) siang. "Segala persiapan sudah kita lakukan," kata Yudhi.

Yudhi melanjutkan, pada kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur ini, ada 30 nomor yang akan dipertandingkan dari lima kategori, yakni junior, youth A, youth B, youth C dan youth D. "Ratusan atlet ini akan perebutkan sebanyak 30 medali," imbuhnya.

Sedangkan untuk Riau sendiri, Yudhi mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan sebanyak 22 atlet dengan target memberikan hasil yang terbaik bagi Riau dan mempertahankan juara umum.

Ada hal yang berbeda pada kejurnas panjat tebing tahun ini, yakni lokasi atau venue kejurnas yang berbeda dari event-event sebelumnya. Biasanya digelar di venue panjat tebing komplek Kampus Unri.

Terkait hal itu, Yudhi menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pengurus Besar (PB) FPTI mengenai lokasi kejurnas panjat tebing kelompok umur XIII dari tiga lokasi venue yang ada di Riau.

"Venue kita ada tiga, di Pekanbaru, Kampar dan Inhu, setelah koordinasi dengan PB FPTI, venue di Inhu lebih layak untuk digelar kejurnas," pungkasnya. ***