PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau tetap berkomitmen membangun desa-desa yang ada di Riau guna percepatan pembangunan daerah. Sebagai wilayah terkecil dalam pemerintahan dan bersentuhan langsung dengan rakyat, kemajuan daerah akan ditentukan dari kemajuan desa.

Karena itu, Pemprov Riau tahun 2020 kembali menyalurkan bantuan keuangan (Bankeu) Rp200 juta per desa guna dimanfaatkan untuk kegiatan produktif yang bisa membangkitkan perekonomian.

''Tahun ini semua desa di Riau tetap dapat Rp200 juta per desa, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan untuk memajukan desa,'' ujar Gubernur Riau, Syamsuar menjawab GoRiau.com, Kamis (20/2/2020).

Dikatakan Syamsuar, desa merupakan salah satu pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Jika desa maju, maka kabupaten akan maju, dan secara otomatis provinsi juga akan maju.

''Kita ingin membangun Riau sesuai dengan karakteristik desa masing-masing. Setiap desa memiliki potensinya, dan potensi antar desa itu berbeda-beda. Jadi kalau desa membuat perencanaan dengan bantuan keuangan tersebut tentu akan lebih tepat sasaran,'' jelasnya.

Dengan dukungan anggaran tersebut, Syamsuar berharap bisa dimanfaatkan setiap perangkat desa untuk kemajuan desa dan masyarakatnya. Apalagi, selain bantuan keuangan dari pemerintah provinsi, juga ada bantuan dari pemerintah kabupaten sesuai dengan kemampuan Pemkab masing-masing.

''Mudah-mudahan, pemerintahan desa bisa menggerakkan perekonomian, salah satunya dengan mendirikan badan usaha milik desa (BUMdes) guna mendukung usaha-usaha produktif warga,'' tutup Syamsuar. ***