DUMAI, GORIAU.COM - Pemerintah kota Dumai melalui Dinas Perhubungan kian berupaya memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Kepala Dinas Perhubungan kota Dumai, Taufiq Ibrahim, kepada GoRiau.com menyebutkan sektor parkir sesungguhnya mampu memperoleh PAD sangat berpotensi jika dikelola secara maksimal.

"Saat ini kendaraan di Dumai sangat banyak, untuk R2 saja mencapai 34 ribu an unit yang beroperasi di kota Dumai setiap harinya, sementara R4 mencapai 85 ribu unit di Dumai," sebutnya.

Ditambahkan Taufiq, jika 70 persen saja kendaraan beroperasi perhari sudah berapa banyak PAD dari parkir yang bisa diperoleh.

2014 Dishub juga akan mengadakan Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) dengan dasar KM 14 tahun 2006 tentang menagemen rekayasa lalulintas di jalan.

"Jadi setiap aktivitas berlalulintas harus dilakukan analisa berlalulintas untuk mengkaji kecocokan titik parkir dan penataan pada bangunan sehingga tidak mengganggu aktivitas jalan raya dan kepentingan publik," ujar Taufiq.

Diakui Kadishub, saat ini masih banyak ditemukan aktivitas parkir yang sembraut sehingga mengganggu aktivitas lalulintas dan fasilitas umum.

"2014 kita akan berupaya meraup PAD semaksimal mungkin dengan target mencapai Rp500 juta, tidak seperti 2013 hanya memperoleh Rp225 juta." tandasnya.(egy)