DUMAI - Sebanyak 14 ribu masker telah disebarkan Dinas Kesehatan kota Dumai ke masyarakat dan pelajar, pemberian masker tersebut dilakukan semenjak kabut asap melanda kota Dumai akibat kebarakan hutan dan lahan terjadi.

Pemberian masker tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Faisal, diberikan kepada masyarakat yang melintas di beberapa titik jalan umum .

Selain kepada masyarakat pengguna sepeda motor, masker juga diberikan kepada pelajar, dari pendidikan usia dini hingg ke sekolah menengah pertama.

"14 ribu masker sudah kita bagikan kepada masyarakat umum di tujuh titik jalan dan sejumlah sekolah," kata Faisal, Selasa (19/2/2019).

Selain itu, dikatakannya, pembagian masker juga dilakukan petugas medis yang berada di Puskesmas, karena sejak kabut asap marak pelayanan medis mulai banyak didatangi masyarakat terganggu kesehatan.

Pihaknya juga menerima 40 lembar masker dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk mengantisipasi kualitas udara tidak sehat akibat asap kebakaran hutan dan lahan.

"Kesehatan masyarakat mulai terganggu akibat kabut asap dan terjadi peningkatan pelayanan di puskesmas, dan persediaan masker saat ini bertambah 40 ribu bantuan dari dinas kesehatan propinsi," katanya mengakhiri. ***