RENGAT - Suasana Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II B Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau yang sebelumnya sepi dan aman sontak berobah riuh. Bahkan, sejak Jumat (14/10/2016), sorak sorai para penghuni Rutan itu terdengar lantang hingga keluar tembok.

Ternyata, suara tersebut bukan suara yang ditimbulkan akibat keributan, melainkan sorak sorai luapan rasa gembira para warga binaan atau narapidana yang mengikuti turnemen olahraga yang digelar pihak Rutan tersebut.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu, Futsal, Volly Ball dan Tenis Meja. Guna memeriahkan acara pembukaan turnamen, tim futsal wanita juga ikut ambil bagian dalam kegiatan itu.

"Kegiatan ini kita gelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-76 Dharma Karyadhika yang jatuh pada tanggal 30 Oktober setiap tahunnya," ujar Plt Kepala Rutan Rengat Kondar Simanjuntak dalam arahannya, Jumat (14/10/2016) di kantornya.

Disebutkan Kondar, pelaksanaan turnamen ini juga bertujuan untuk menghibur dan membudayakan olahraga terhadap warga binaan. Serta, untuk mempererat tali persaudaraan antara sesama warga binaan, antara para pegawai dengan pegawai dan antara pegawai dengan warga binaan.

"Melalui kegiatan ini, saya berpesan agar para peserta dapat menjaga sikap sportifitas. Karena, kalah menang dalam sebuah pertandingan merupakan hal yang lazim," tegasnya.

Terpisah, kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Rengat, Rudinur menambahkan, pada acara puncak HUT Dharma Karyadhika nanti, pihaknya juga akan menggelar berbagai acara hiburan.

"Pada acara puncak, nantinya kita akan menggelar hiburan bersama. Sebelum hiburan dan penyerahan hadiah pemenang, kita juga akan menampilkan group komedi yang pesertanya merupakan para warga binaan," pungkasnya.***