PEKANBARU – Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar Simposium Islam Empowering di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Rabu (3/8/2022). Kegiatan ini dilakukan di 5 pulau besar di Indonesia dan Riau sendiri merupakan perwakilan Pulau Sumatera.

Simposium di Kota Pekanbaru ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan, dimana sebelumnya PB HMI sudah menggelar acara serupa di Mataram.

Koordinator Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) yang juga Ketua DPRD Riau, Yulisman, berharap kegiatan ini dapat menghasilkan ide-ide baru, yang mampu menghasilkan pemahaman para pemuda di Indonesia, khususnya di kader HMI.

Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru, jelas Yulisman, merupakan daerah yang sangat beranekaragam, dan dia meyakini akan banyak muncul feedback yang disampaikan peserta simposium nantinya.

"Karena acara simposium ini adalah gagasan baru dan merupakan suatu kemajuan dalam kepengurusan yang baru ini. Dan saya berharap konsep ini tidak keluar dari konsep Islam itu sendiri yaitu rahmatan lil 'alamin, karena misi HMI adalah keindonesiaan dan keislaman, dua hal itulah yang membuat HMI masih eksis sampai sekarang di Indonesia," kata Mantan Ketua Umum Badko HMI Riau ini.

Yulisman menegaskan, sebagai alumni, dirinya mengimbau kepada para peserta simposium dan juga kader-kader HMI, agar terus berkomitmen dan menjaga nilai-nilai yang ditetapkan pendiri HMI tahun 1947.

"Simposium ini akan menjadi motivasi bagi saya dan alumni lainnya. Karena ini adalah ide besar yang diharapkan mampu menjadikan Islam yang moderat atau jalan tengah," terangnya.

Sementara itu, gubernur Riau, Syamsuar yang juga hadir dalam acara simposium ini, berharap ide yang digagas oleh pengurus PB HMI ini mampu menjadikan pemuda Islam menjadi lebih baik.

"Ide dan gagasan dari pengurus PB HMI ini sangat bagus. Dan saya berharap konsep ditawarkan kepada pengurus yang baru ini bisa menjadikan pemuda Islam yang baik kedepannya," katanya.

Untuk diketahui acara simposium ini dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, Kapolda Riau Irjen Pol Mohd Iqbal dan perwakilan Kajati Riau, serta Ketua Umum Badko HMI Riau - Kepri, Sulaimansyah. ***