SELATPANJANG - Tim U-12 Kepulauan Meranti tampil membanggakan pada turnamen Sepakbola Citra Mas Cup II 2017 di Batam Kepulauan Riau. Anak asuh Coach Dwi Cahyono ini berhasil mengalahkan Hang Nadim Soccer School Batam dengan skor telak 8-0.

Mengikuti Turnamen Citra Mas Cup II 2017 di Batam, Tim U-12 Kepulauan Meranti bermain sebanyak 4 kali. Dari keseluruhan pertandingan, Kepulauan Meranti berhasil mencetak 9 gol dan kebobolan 4 gol.

Tim U-12 Kepulauan Meranti vs Mabar Putra Medan kalah 1-3. Meranti vs Bermuda Batam kalah 0-1, Meranti vs Citra Mas (tuan rumah) bermain imbang 0-0. Namun, pada pertandingan akhir melawan HNSS Batam, Tim U-12 Meranti berhasil menang besar dengan skor 8-0.

Menurut Dwi Cahyono, dari beberapa kali pertandingan, sebenarnya kemampuan tim Kepulauan Meranti baik secara individu maupun kelompok tidak jauh beda dengan tim lawan. Hanya saja, anak-anak Kota Sagu ini baru menemukan jati dirinya ketika pertandingan terakhir melawan HNSS Batam.

"Tapi itu tak masalah, mungkin karena mereka grogi ketika bermain di lapangan bagus atau karena faktor lainnya," ungkap coach Dwi Cahyono.

Dia berharap, pengalaman tersebut memberikan pelajaran berharga bagi anak asuhannya itu. Apalagi tim yang ikut pada turnamen tersebut termasuk tim handal di kancah nasional.

Sementara itu, Ketua Asosiasi PSSI Kabupaten Kepulauan Meranti, Heri Saputra SH didampingi Sekretaris Mazlan, mengaku sangat puas dengan hasil yang didapat, meski pada turnamen tersebut Meranti belum berhasil sebagai runner up. Bermain dengan tim-tim handal berskala nasional seperti Medan, Sumbar dan Batam, setidaknya dapat menambah pengalaman bagi Tim U-12 Meranti yang baru setengah tahun terbentuk dan aktif di berbagai pertandingan.

"Kalah-menang hal biasa dalam sebuah pertandingan. Yang terpenting bagi kami, bagaimana jam terbang mereka bisa bertambah. Kami sangat senang karena dalam turnamen ini anak-anak bisa melihat dan mengukur kemampuan tim tangguh seperti Medan yang sampai saat ini masih menjadi kiblat persepakbolaan Sumatera ," ungkap Heri.

Heri juga mengaku bangga dengan Tim U-12 Meranti. Meski baru seumur jagung dan dua kali mengikuti turnamen profesional, kekuatan tim dari Kota Sagu tetap diperhitungkan lawan-lawannya. Bahkan di Grup A yang dikenal sebagai grup neraka Tim Meranti berhasil menduduki peringkat tiga, mengalahkan tim andalan tuan rumah Citra Mas yang hanya di posisi empat. (rls)