PEKANBARU, GORIAU.COM - Diperkirakan Dispora Riau akan menghabiskan Rp750 juta-an untuk realisasi bonus bagi atlet dan pelatih berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII Jakarta, 14-22 September 2013 lalu.


Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi D DPRD Riau, Bagus Santoso kepada GoRiau.com, Minggu (6/10/2013). Perkiraan tersebut terlontar pada Hearing dengar pendapat antara Komisi D dengan Dispora Riau, Jumat (4/10/2013).


"Sebelumnya Dispora Riau meletakkan angka Rp1.1 miliar dari total anggaran persiapan untuk bonus dengan prestasi bisa masuk tiga besar, namun dalam perkembangannya, prestasi Riau merosot dan hanya sedikit meraih medali emas, jadi diperkirakan sekitar Rp750 juta-an untuk bonus keseluruhan," terang Bagus.


Dijelaskan Bagus, Dispora Riau mendapatkan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk persiapan Kontingen Riau menghadapi Popnas XII Jakarta, 14-22 September 2013 lalu. Jumlah tersebut mulai dari persiapan, Training Camp (TC), keberangkatan hingga keikutsertaan, pada iven dua tahunan tersebut


Diperkirakan pada jumlah anggaran tersebut, bonus untuk masing-masing medali akan naik sebesar Rp2.5 juta dari Popnas sebelumnya. Dimana peraih emas akan diberikan Rp17.5 juta, perak Rp12.5 juta dan perunggu sebesar Rp7.5 juta.


Hal tersebut diakui Wakil Ketua Kontingen Riau di Popnas, Hamdani. Dikatakannya, realisasi bonus tersebut akan diusahakan selesai dalam bulan ini. "Jumlahnya mungkin naik Rp2.5 juta dari sebelumnya, dan kita usahakan bisa cair pada bulan ini," terang Hamdani.


Seperti diketahui, Kontingen Riau hanya berada di peringkat enam dengan raihan 10 medali emas, 12 perak dan 18 perunggu pada Popnas kali ini. Penurunan prestasi ini dikaitkan dengan sedikitnya jumlah nomor yang diikuti Riau, yakni hanya 155 nomor.


Hasil yang drastis menurun dibandingkan saat menjadi tuan rumah pada Popnas sebelumnya dengan mengantongi 30 medali emas, 27 perak dan 24 perunggu dengan bertengger di peringkat ketiga.(tri)