PEKANBARU - Warga Dusun 2 Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau, dihebohkan dengan keluarnya bau menyengat diduga gas dari sebuah sumur bor yang sedang dibuatdi Masjid Nurul Hikmah Jalan Padat Karya.

Hal itu diakui salah seorang warga Dusun 3 Sialang Muda, Desa Muara Basung, Mahmudin Purba kepada GoRiau.com, Selasa (29/10/2019). Kejadian itu diceritakan dirinya, sudah terjadi sejak kemarin.

"Waktunya persisnya jam berapa kita tidak tahu pasti. Yang pasti kemarin kejadiannya. Pengurus masjid saat itu sedang membuat sumur bor untuk air. Tiba-tiba keluar semburan air dan bau menyengat diduga gas," kata Mahmudin.

Dirinya juga mengakui sudah melakukan kordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat terkait dugaan semburan gas di halaman masjid yang sedang dibuatkan sumur bor.

"Kalau informasi, pihak pemerintah desa sudah kordinasi dengan pihak PT Chevron Pacifik Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Muara Basung, Akhyar Mukmin saat dikonfirmasi GoRiau.com terkait dugaan semburan gas di Masjid Nurul Hikmah tersebut, sudah koordinasi ke pihak PT Chevron Pacific Indonesia.

"Hari ini tim geologi PT Chevron akan turun melihat apakah itu benar gas atau bukan, karena mengeluarkan bau menyengat," ungkap Akhyar.

Akhyar juga menjelaskan, untuk di areal Dusun 2, Desa Muara Basung sudah sejak lama tidak pernah dilakukan pengeboran sumur bor untuk mendapatkan air. Sebab di daerah tersebut banyak mengandung gas, berdasarkan informasi yang diterima dirinya.

"Kalau informasi yang kita dapat, itu merupakan proyek dari Pemerintah Provinsi Riau. Namun, saat pengerjaannya pun tidak ada melaporkan ke pihak pemerintah desa," jelas Akhyar.

Hingga berita ini diterbitkan, upaya konfirmasi masih dilakukan GoRiau.com dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau dan pihak PT Chevron Pacific Indonesia. ***