RENGAT, GORIAU.COM - Masyarakat Kabupaten Inhu khususnya Rengat dan Rengat Barat terus mengeluhkan kondisi listrik yang terjadi akhir-akhir ini, dimana seringkali terjadi pemadaman listrik secara mendadak tanpa sebab yang jelas, hal ini dinilai sangat mengganggu aktifitas warga. Selain itu masyarakat juga mengeluhkan adanya penurunan daya yang terjadi di Rawa Makmur Sekip Hilir Rengat yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

Suheimi (42) warga Rawa Makmur Kelurahan Sekip Hilir Rengat, Senin (11/3/2013) mengatakan bahwa kondisi listrik saat ini memang sangat parah, dimana hampir setiap hari terjadi pemadaman dengan cara yang mendadak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, hal ini tentu sangat merugikan masyarakat pelanggan PLN.

Akibat dari seringnya pemadaman mendadak ini menyebabkan kerusakan terhadap peralatan yang ada pada masyarakat, katanya. Yang lebih parah lagi dalam beberapa hari belakangan ini di Rawa Makmur terjadi penurunan Daya yang mengakibatkan banyak peralatan yang tak dapat berpungsi seperti kulkas, mesin cuci, mesin air, serta yang lainnya, ujarnya lagi.

Hal yang sama juga diungkapkan Masrini (54) seorang warga Rawa Makmur lainnya, dimana penurunan daya ini terjadi semenjak terjadinya pergantian tiang oleh pihak PLN beberapa hari yang lalu.

Dikatakannya bahwa masyarakat secara bersama-sama (swadaya) melakukan pembelian terhadap tiang listrik guna menambah tiang yang sudah ada, hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tiap rumah dikenakan biaya sebesar Rp60 ribu.

Namun entah apa yang salah dalam hal ini, sejak penambahan tiang tersebut terjadi penurunan daya yang mengakibatkan banyaknya peralatan masyarakat yang tidak berpungsi, dan ini juga sangat dikeluhkan warga, masalah ini sudah disampaikan kepada pihak PLN, namun sejauh ini belum ditindak lanjuti oleh pihak PLN.

Sementara itu Manager Rayon Rengat Arif Supriadi belum berhasil dimintai keterangan terkait hal ini, ketika dihubungi via Sluler tidak mengangkat dan ketika dikirimi pesan SMS tidak membalas, sementara itu salah seorang Biro Listrik PLN yang enggan namanya untuk dipublikasikan mengatakan bahwa itu berarti sudah terjadi kesalahan dalam penyambungan yang mengakibatkan terjadinya penurunan tegangan, sehingga mengakibatkan menurunnya kemampuan listrik tersebut. (aun)