PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak tujuh perwira dan pejabat utama Polda Riau, mendapat mutasi dari Mabes Polri. Sesuai Telegram Rahasia (TR) Kapolri, jabatan penting yang bergeser diantaranya Wakapolda Riau, Kapolresta Pekanbaru, Direktur dan wakil Direktur lalu lintas Polda Riau, Kapolres Dumai serta Kapolres Indragiri Hilir (Inhil).

Berdasarkan telegram rahasia (TR) dari orang nomor satu di kepolisian RI, ada puluhan perwira diantaranya berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes) dan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang mendapat mutasi untuk seluruh Indonesia. Sementara untuk Polda Riau, ada tujuh posisi strategis yang rencananya ditempati wajah-wajah baru.

Data yang dihimpun GoRiau.com dari Mapolda, mereka diantaranya Wakapolda Riau, Kombes Abdul Ghofur yang bergeser pada jabatan baru sebagai Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Mabes Polri. Ia digantikan Kombes Joko Hartanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reskrimum Polda Sulsel.

Mutasi lainnya terhadap jabatan Karo Rena Polda Riau yang sebelumnya ditempati Kombes Iriyanto yang dimutasikan menjadi analis utama Bagjianbang Sespim Polri Lemdikpol.

Lalu juga ada nama Kombes Robert Haryanto Watratan selaku Kapolresta Pekanbaru, yang akhirnya dimutasi menjadi analis kebijakan madya bidang Ops Sops Polri (dalam rangka Dik Sespimti 2015). Jabatannya digantikan Kombes Aries Syarief Hidayat, yang sebelumnya menjabat selaku Kasatgaswil Sumbagsel Densus 88 Anti Teror Polri.

Tempat strategis yang turut bergeser adalah posisi Direktur lalu lintas Polda Riau yang baru dijabat oleh Kombes Winarto. Ia dimutasikan sebagai analis kebijakan madya bidang Jianma Korlantas Polri (dalam rangka Dik Sespimti 2015), dan digantikan oleh AKBP Guritno Wibowo, yang sebelumnya selaku Wakapolresta Surakarta.

Mengikut selanjutnya, Wakil Direktur lalu lintas Polda Riau yakni AKBP Budi Indra Dermawan yang bergeser menjadi pemeriksa utama Roprovost Div Propam Polri. Posisinya digantikan AKBP Iwan Sonjaya, yang sebelumnya menjabat selaku Kapolres Tanah Bumbu Polda Kalsel.

Begitu juga dengan Kapolres Dumai Tony Hermawan. Ia bergeser ke posisi baru sebagai Kasubag Lekdikbangum Baglegdik Rodalpers SSDM Polri, dan digantikan oleh AKBP Suwoyo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Inhil. Sedangkan untuk mengisi kekosongan jabatan Kapolres Inhil, maka ditempatkanlah AKBP Hadi Wicaksono, yang sebelumnya menjadi Kabag Dalpers Ro SDM Polda Riau.

"Selain Polda Riau, mutasi juga terjadi di beberapa daerah lainnya. Yang jelas ini untuk penyegaran terhadap anggota pada jabatan barunya. Dengan itu kemampuan masing-masing akan semakin berkembang. Disisi lain, untuk memaksimalkan kinerja kepolisian dalam penegakkan hukum," ujar Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, saat diwawancarai GoRiau.com, Kamis (14/5/2015) pagi. (had)