BAGANSIAPIAPI - Gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir Riau yang berwarna putih dengan gaya klasik di Batu Enam, Bagansiapi-api hingga saat ini belum bisa digunakan. Masih banyak faktor yang menghambat penggunaan gedung ini.

''Banyak faktor yang kurang mendukung, terutama listrik. Tapi banyak juga masalah lain, terutama soal uang,'' ujar Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan , Selasa (10/10/2017).

Dikatakan, secara fisik gedung ini boleh dikatakan sudah rampung, hanya sarana pendukung yang belum siap. ''Ya untuk penempatan itu menunggu listriknya, sesuai dengan kesepakatan bersama PLN,'' ujarnya.

''Kalau untuk pemancangan tiang sudah tak bisa lagi sistem biasa, kalau dulu bisa dianggarkan dari APBD kabupaten. Tapi sekarang tidak bisa, karena sudah menjadi kewenangan provinsi,'' tambahnya. 

Karena persoalan itu maka perlu disikapi bersama dengan perencanaan yang matang. Menurutnya untuk menyikapi hal itu lebih lanjut dapat dilaksanakan oleh pihak PLN Bagansiapiapi bersama dengan sekretariat dewan.

''Memang kami targetkan pindah pada tahun ini juga sehingga paripurna HUT kabupaten bisa dilaksankaan di gedung baru tapi tak tercapai karena kendala listrik tersebut,'' pungkasnya. ***