BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati H Herliyan Saleh menegaskan dalam waktu dekat seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan dilakukan tes urine secara mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

''Dalam waktu dekat akan kita lakukan tes urin terhadap seluruh PNS, sifatnya dadakan tanpa ada pemberitahuan,'' ujar Bupati, Selasa (14/5/2013).

Apabila tes urin ini dilakukan dengan cara pemberitahuan kepada PNS maka dikuatirkan hasilnya tidak akan maksimal. Diduga nanti ada yang melakukan manipulasi urine yang diambil sampelnya oleh petugas.

''Kalau kita beri tahu akan dilakukan tes urine, saya khawatir hasilnya tidak akan maksimal. Bisa saja PNS mengakali hasil tes tersebut,'' jelas Bupati.

Apa bila nanti dalam tes urin tersebut ditemukan PNS yang positif mengonsumsi narkoba, Pemkab Bengkalis akan mengambil tindakan dan memberikan sanksi yang berat untuk efek jera terhadap yang lain.

''Terbukti nanti kita akan tindak dan sanksi sanagt berat bisa dipecat dari PNS dan hal ini kita lakukan kepada siapapun yang terbukti nantinya,'' tegasnya.

Dipaparkan Bupati, pemberantasan narkoba ini harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Umumnya bahaya narkoba ini sudah diketahui oleh PNS, namun buktinya masih banyak yang tertangkap mengonsumsinya. (jfk)