PEKANBARU - Upaya meningkatkan kinerja pembangunan daerah dalam mempercepat pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau 2019-2024, perlu peningkatan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau di kabupaten dan kota se Provinsi Riau melalui Pemberian Bantuan Iuran (PBI).

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution, menekankan dokter yang ada di Provinsi Riau untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Pendayagunaan tenaga kesehatan agar bisa menanggulangi gizi buruk, pemberantasan penyakit menular, krisis kesehatan akibat bencana alam dan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal dan daerah perbatasan.

"Pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas kerja Pemprov Riau. Setiap tahunnya, Pemprov Riau menganggarkan 10 persen dari APBD untuk kebutuhan pembangunan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Edy Nasution, Sabtu (18/1/2020).

Untuk mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, dikatakan Edy Nasution, Pemprov Riau telah berupaya meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan melalui bantuan keuangan disetiap kabupaten dan kota di Riau.

"Dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat tersebut tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama dari praktisi kesehatan," papar Edy Nasution.

Menurut Edy Nasution, keberadaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai organisasi profesional yang telah banyak memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan kesehatan. IDI diharapkan mampu menghadapi segala tantangan dan perkembangan zaman.

"Sesuai dengan tujuan dari organisasi IDI, yaitu memadukan segenap potensi dokter Indonesia, meningkatkan harkat, martabat dan kehormatan diri dan profesi kedokteran, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia menuju masyarakat sehat dan sejahtera," ungkap Edy Nasution.

Melalui momen pelantikan ini, Pemprov Riau berharap IDI Wilayah Riau dan IDI Cabang Pekanbaru, terus memperbanyak kegiatan-kegiatan pembinaan kesehatan yang menyentuh langsung ke masyarakat di Riau.

"Dukungan IDI sangat dibutuhkan untuk mendukung semua program pembangunan kesehatan yang telah direncanakan Pemprov Riau," jelas Edy Nasution. ***