SELAPANJANG, GORIAU.COM - Masyarakat Gang Jambu Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau dihebohkan dengan penangkapan jenglot, Selasa (24/12/2013) malam sekitar pukul 21.30 Wib. Jenglot ini ditemukan dan diangkat dari sumur dengan kekuatan ghaib oleh orang pintar.

Menurut Misri warga Jalan Alah Air Gang Jambu, penangkapan ini bermula dari perasaan keluarganya mulai tidak enak sejak Kamis (19/12/2013) yang lalu. Sejak itu pula Ia dan keluarga mulai merasa terganggu.

Kemudian, merasa tidak tenang Ia memanggil orang pintar, Muhidin, untuk melihat secara ilmu ghaib atau batin, apa penyebab keluarganya tidak tenang itu.

"Ada feeling bahwa ada sesuatu yang tidak kena, maka saya cari orang tua (orang pintar, red) untuk melihat penyebabnya," kata Misri kepada wartawan.

Setelah dilakukan ritual di dekat rumahnya itu, kata Misri, orang pintar tadi meyakini ada sesuatu di dalam sumur yang terletak di belakang rumah Misri. Dengan bantuan alat berupa keris, batu, dan besi kuning, Muhidin berhasil menemukan jenglot di dalam sumur setelah sebelumnya melakukan penyelaman selama lebih kurang 30 menit.

"Jenglot ini ada dalam sumur belakang rumah. Untuk mengambilnya harus menggunakan alat berupa keris, batu, dan besi kuning. Kalau tidak begitu tidak akan ditemukan benda ini, sumur itu besar dan berlumpur," ungkap Misri pula.

Pantauan GoRiau.com, di rumah Misri Selasa malam itu, terlihat jenglot yang sudah tidak bernyawa itu di dalam piring. Rambutnya panjang sampai ke kaki, tangannya tinggal satu badan dan rambut berwarna hitam layaknya seekor mummi. Menurut Misri pula sewaktu ditemukan rambutnya mengembang dan sangat mengerikan.

Tidak sedikit warga mengabadikan pemandangan langka ini dengan memotret dan merekam jenglot sebelum dimasukkan ke dalam toples.(zal)