PEKANBARU - Beberapa persiapan telah dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pekanbaru untuk event Pekan Olahraga Kota (Porkot) VII yang kabarnya akan dilaksanakan pada awal September 2019.

Salah satunya yaitu dengan melakukan peninjauan langsung untuk venue yang akan digunakan.

Memilih beberapa Universitas seperti Universitas Riau (Unri) untuk pelaksanaan cabang olahraga (cabor) panjat tebing dan sepak bola dan Universitas Islam Riau (UIR) cabor futsal, panahan, karate dan tenis lapangan.

Ketua Umum KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil mengatakan beberapa hari yang lalu telah dilakukan peninjauan dan nantinya akan dilakukan MoU terkait venue yang digunakan.

"Dalam hal ini, KONI bersama dengan Universitas akan melakukan MoU terkait venue yang akan digunakan saat pertandingan Porkot," kata Anis di Pekanbaru, Jumat (28/6/2019).

Anis menambahkan selain dua universitas tersebut, KONI Pekanbaru berencana akan menambah lokasi pelaksanaan Porkot di Politeknik Caltex Riau (PCR) untuk cabor basket, dan PTPN V untuk tenis lapangan.

Serta mengkonfirmasikan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau terkait izin menggunakan venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) seperti, Gelanggang Remaja, dan stadion Kharudin Nasution.

Anis menuturkan penambahan lokasi ini dilakukan agar memudahkan dan mengajak masyarakat untuk bisa menyaksikan pelaksanaan Porkot.

"Kita menginginkan dalam satu tempat ada beberapa cabang olahraga, jadi kita ingin mengajak masyarakat menyaksikan Porkot," tambahnya.

Untuk diketahui diperkirakan 23 cabor yang akan dipertandingkan dalam Porkot diantaranya atletik, sepakbola, futsal, bolabasket, bola voli, bulutangkis, sepaktakraw, silat, karete, taekwondo, catur, kempo, dayung, tenis lapangan.

Kemudian tenis meja, tarung derajat, angkat besi/angkat berat, panahan, tinju, panjat tebing, balap motor, bola voli pasir dan renang.

Anis menuturkan untuk kepastian berapa jumlah cabor dan nomor apa saja yang dipertandingkan saat ini sedang dirapatkan dan minggu depan sudah mendapatkan hasilnya.

"Mudah-mudahan minggu depan sudah dipastikan berapa cabor dan nomor pertandingannya," pungkasnya. ***