PEKANBARU - Atlet renang putri andalan Riau, Ananda Treciel Vanessae Evato kembali merebut medali emas di nomor 100 meter gaya dada putri, dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 di Stadion Akuatiq Senayan, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Vanessa begitu sebutan akrabnya, merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru. Ia mampu mengungguli dua atlet renang lainnya yakni Felicia Angelica yang meraih perak dari Banten dan Halimahtus Sadiah dari Lampung.

Vanessa ketika ditemui seusai pertandingan mengucapkan terima kasih kepada keluarga, pelatih, kampus Unilak, serta Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Riau yang telah mendukung secara penuh, sehingga berhasil mendapatkan medali emas ini dengan catatan waktu 01.11.53.

Diharapkan dengan pencapaian yang telah diraihnya, bisa memotivasi atlet Riau khususnya mahasiswa yang bertanding di Pomnas. "Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi atlet Riau lainnya, dari cabang olahraga lainnya yang di pertandingan dalam Pomnas XVI Jakarta untuk mendulang mendali emas juga," kata Vanessa di Jakarta, Sabtu.

Keberhasilan dalam pemerolehan medali emas ini pun disambut dengan sangat gembira oleh Wakil Rektor III Unilak Dr Eddi Asnawi sekaligus ketua Kontingen Riau yang mendampingi selama di Jakarta.

Dikatakannya, prestasi Vanessa untuk cabang renang di Pomnas XVI di Jakarta kembali mengulang masa kejayaan Unilak di Pomnas Makasar dua tahun lalu. "Kami akan memberikan apresiasi perhatian yang lebih serius lagi kepada seluruh mahasiswa yang berprestasi untuk diangkat ke tingkat Nasional dan alhamdulillah ini prestasi yang sangat membanggakan bagi Riau khususnya bagi kampus bahwa Vanessa menjadi kebanggaan Riau dan juga kebanggan Kampus Unilak," ujar Eddi.

Turut hadir dan juga mengalungi medali emas kepada Vanessa ketua Bapomi Riau Dr Iwantono M.Phil yang juga didampingin oleh Sekjen Bapomi Riau Hendrayani SE MM.***