SELATPANJANG – Kegiatan vaksinasi booster kedua atau vaksinasi Covid-19 dosis keempat mulai dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Pihak kepolisian yang bekerjasama dengan Diskes Kepulauan Meranti telah melaksanakan vaksinasi dosis booster kedua tersebut pada Rabu (25/1/2023) bertempat di Taman Cikpuan, Jalan Merdeka Selatpanjang.

Vaksinasi booster kedua ini merupakan lanjutan dari vaksin ketiga (booster pertama) bagi masyarakat. Jenis vaksin yang digunakan yakni Pfizer.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri mengungkapkan bahwa vaksinasi booster kedua bisa diberikan dengan jarak enam bulan dari dosis ketiga atau booster pertama. Pihaknya memfokuskan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) dan lanjut usia (lansia).

"Untuk nakes sudah mencapai 65,9 persen boster 1. Sedangkan vaksinasi boster kedua ini baru 0,5 persen. Kita akan terus bergerak agar masyarakat seluruhnya mendapatkan vaksin sesuai umur," ujar Fahri, Kamis (26/1/2022).

Fahri mengaku bahwa stok vaksin untuk booster kedua masih cukup. Dimana, setiap UPT Puskesmas disediakan 1.000 lebih vaksin dan untuk polres 1.400 dosis.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul menyampaikan bahwa kegiatan vaksin ini juga salah satu upaya Polri bekerja sama Dinkes Kepulauan Meranti guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

"Kita telah berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan dan jajarannya untuk melaksanakan vaksin booster kedua ini. Kegiatannya bersama personel Polres dan GP Ansor. Hari ini merupakan hari kedua di mulainya vaksin booster kedua ini," ungkapnya usai giat.

Kapolres juga mengimbau masyarakat untuk dapat melaksanakan vaksin booster kedua untuk melengkapi vaksin sebelumnya. Guna lebih memperkuat imun tubuh agar terhindar dari Covid-19

"Untuk pelaksanaannya berlangsung tiap Puskesmas kecamatan dan satu titik di Taman Cikpuan Selatpanjang. Tidak menutup kemungkinan kami akan mengambil langkah yang dulu pernah di lakukan, yakni dengan door to door (rumah ke rumah) ke warga untuk meningkatkan capaian," pungkasnya.***