PEKANBARU - Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengungkapkan update terbaru, Selasa (19/05/2020), terjadi penambahan kasus positif sebanyak lima orang, sehingga total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau sebanyak 106 orang.

"Ada lima penambahan kasus positif Covid- 19 di Riau saat ini, dari lima tersebut, empat orang berada di Kabupaten Kepulauan Meranti dan satu orang dari Kabupaten Bengkalis, tepatnya dari Kecamatan Mandau," kata Indra Yovi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (19/5/2020).

Indra mengatakan, adapun penambahan lima kasus positif Covid-19 ini terkait dengan klaster santri yang pulang dari Magetan, Jawa Timur.

"Pasien Nomor 102, M (40) warga Kepulauan Meranti merupakan hasil kontak tracing dengan pasien yang positif sebelumnya. Pasien sebelumnya itu berinisial IMA (16)," katanya.

Lanjutnya, pasien nomor 103, DH (19) warga Kepulauan Meranti yang juga kontak tracing dengan pasien IMA (16).

"Jadi, yang nomor 102 itu ialah ibu kandungnya, sedangkan DH merupakan kakak dari IMA. Itu merupakan hasil dari tim kesehatan kabupaten dan provinsi," jelasnya.

Kemudian, Indra mengatakan, pasien 104 inisial A (49), juga kontak tracing dengan salah satu santri yang juga pulang dari Magetan, Jawa Timur. Tetapi, santri yang hasil tracing tersebut, hasil swabnya menunjukan negatif.

"Ini sedikit membingungkan kita dari mana sumber kasus positif tersebut. Tapi, kita sudah sampaikan kepada tim penanganan Covid-19 di Kepulauan Meranti untuk melakukan swab ulang. Sebab, swab pasien terhadap santri tersebut, karena masih berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) hanya sekali melakukan swabnya," katanya.

Indra mengatakan, pada pasien nomor 106 inisial MAF (23) dari Kecamatan Mandau merupakan santri yang pulang dari Magetan, Jawa Timur, dan sekarang sudah dirawat di RSUD Mandau.

"Sehingga total pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat saat ini 38 orang, 62 sehat dan sudah dipulangkan, dan 6 orang meninggal dunia," pungkasnya. ***