JAKARTA - Pertanian tanaman pangan menjadi fokus Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Provinsi Riau, saat bertemu dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Gedung A Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Untuk Riau lebih baik, ada beberapa hal penting yang disampaikan Syamsuar dalam pertemuan yang sederhana dengan Syahrul Yasin Limpo. Mantan bupati dua periode ini, ingin mewujudkan pembangunan pertanian tanaman pangan, peternakan dan perkebunan. Agar kesejahteraan petani meningkat di Bumi Lancang Kuning.

"Tadi saya sampaikan kepada Pak Menteri, dalam hal meningkatkan hasil produksi padi di Riau, juga jagung. Karena banyak lumbung padi di Provinsi Riau yang sangat menjanjikan, contohnya yang sudah berhasil di Kecamatan Bukitraya, Kabupaten Siak," kata Syamsuar kepada GoRiau.com.

Tak hanya itu, Syamsuar juga meminta dukungan Menteri Pertanian dalam meningkatkan produksi ternak sapi. Banyak lahan yang bisa dikelola dengan baik untuk dijadikan tempat ternak sapi.

"Saya juga meminta dukungan Pak Menteri, untuk program replanting tanaman kelapa sawit milik petani. Serta bagaimana meningkatkan tanaman pangan yang bisa dieksport ke luar negeri," ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga menyampaikan, bagaimana menjadikan Provinsi Riau sebagai lumbung padi nasional dan pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dengan cara penyediaan alat pertanian. Agar masyarakat dapat membuka lahan dengan cara tidak membakar.

"Ini terobosan yang harus diperjuangkan. Sebab, ini untuk kebutuhan rakyat. Agar Riau menjadi lebih baik," jelas Syamsuar. ***