SIAK - Tim gugus tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Siak terus melakukan tracing atau penelusuran kepada warga yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan kini ada 18 orang sedang menunggu hasil swab dan menjalani karantina di Asrama Haji.

"Dari 30 pasien positif Corona ini, ada lagi 18 orang yang sedang menjalani karantina di Asrama Haji sambil menunggu hasil swabnya. Ini hasil penelusuran dari yang sudah positif sebelumnya," kata Juru Bicara Penanganan Virus Corona di Kabupaten Siak, Budhi Yuwono, Selasa sore (21/7/2020) di Kantor Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak.

Menurut Budhi, tracing yang terus dilakukan oleh tim gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak ini bertujuan untuk mengendalikan penyebaran virus yang tidak nampak oleh kasat mata ini.

"Kita tidak ingin virus ini menyebar kemana-mana melalui orang yang kontak dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Makanya terus kita lakukan tracing dan swab yang bersangkutan," kata Budhi lagi kepada GoRiau.com.

Asisten I Setdakab Siak ini juga mengingatkan masyarakat Kabupaten Siak yang merasa pernah melakukan kontak dengan salah satu dari 30 pasien Covid-19 di Kabupaten Siak, sebaiknya melakukan isolasi mandiri dan memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

"Makanya saat ini saya pribadi tidak pernah mengabaikan protokol kesehatan. Saya kurangi berjabat tangan dengan orang lain, selalu kenakan masker, jaga jarak, tidak datang ke tempat keramaian, selalu mencuci tangan dan langsung mandi ketika sampai di rumah. Saya juga ingin, masyarakat bisa menerapkan itu agar terhindar dari virus Corona ini," tuturnya. ***