PEKANBARU- Menjelang diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Kepolisian Daerah (Polda) Riau mendirikan Dapur Umum Peduli Kemanusiaan di Purna-MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Dimana pelaksanaan dapur umum tersebut dilakukan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pantauan GoRiau di lapangan pada hari Rabu (15/5/2020), tampak personel Polri dan prajurit TNI bersama-sama memasak di posko tersebut.

Selain itu, tampak juga Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi di lokasi Dapur Umum Peduli Kemanusiaan, melakukan pemantauan sembari memberikan semangat kepada personel TNI-Polri yang sedang berkerja. Bahkan sesekali Kapolda Riau juga mengambil sendok untuk mengaduk makanan sehingga membuat personel yang berkerja tertawa.

Adapun bahan makanan yang digunakan berasal dari bantuan para pengusaha dan masyarakat mampu melalui Posko Relawan Karhutla dan Covid-19 Riau. Kemudian, dimasak oleh personel Polri-TNI untuk diberikan bagi pekerja harian dan masyarakat yang dirumahkan akibat Covid-19.

Dapur umum ini akan tersedia selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pekanbaru berakhir. Sehingga penerapan kebijakan tersebut dapat berjalan dengan baik, dan diharapkan bisa memutus rantai penyebaran virus corona.

"Mulai hari ini, Polri bersama TNI mendirikan dapur umum. Ini upaya kami bisa menyiapkan makanan siap saji bagi masyarakat yang memerlukan," kata Agung, Rabu (15/4/2020) petang.

Tentunya paket makan siap saji ini akan didistribusikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang sebelumnya sudah dilakukan pendataan oleh Polda Riau.

"Selain yang sudah terdata, masyarakat yang tak terdata juga bisa langsung datang ke dapur umum kemanusiaan. Selain itu," lanjut jenderal berbintang dua itu.

Untuk mendistribusikan makanan tersebut, enam unit food truck milik Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau disediakan untuk mengantar makanan kepada masyarakat yang telah terdata.

Untuk hari Rabu (15/4/2020) ada sebanyak 900 paket makanan siap saji yang telah disalurkan kepada masyarakat.

"Kami juga menyiapkan beberapa tempat makanan secara prasmanan untuk memudahkan masyarakat mengaksesnya," tutup Kapolda. ***