SIDOARJO - Pelatih kepala Tim Nasional Wanita, Rully Nere memulai proses seleksi dan pemusatan latihan skuat Garuda Pertiwi pada Sabtu (11/5/2019). Diawali dengan pertemuan staff kepelatihan dan perkenalan pemain pada siang hari, ke-37 pemain yang datang ke Sidoarjo, Jawa Timur ini langsung menjalani sesi latihan perdana. Adapun seleksi dan latihan perdana diselenggarakan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Berlangsung selama 2 jam, sesi seleksi dan latihan diawali dengan pemulihan kondisi fisik selama dan game ringan dimana setiap pemain dibagi dalam kelompok kecil terlebih dahulu. Pasca pemulihan fisik, sesi seleksi pun dilanjutkan dengan menggelar uji tanding antar pemain yang berlangsung hingga berakhirnya sesi latihan.

“Yang pasti hari ini adalah perkenalan dari para pemain, dan memperkenalkan juga cara dan prinsip bermain di dalam tim seperti apa, kami ajarkan ke mereka, bagaimana menyerang, bertahan dan transisi. Lalu pola seperti apa yang kami terapkan, mereka harus tahu. Karena ada beberapa yang baru kali ini dipanggil seleksi dan belum tahu prinsip bermain sebelumnya” ungkap pelatih kepala Timnas Wanita, Rully Nere.

Menjalani seleksi dan pemusatan latihan bersamaan dengan dimulainya ibadah puasa juga menjadi tantangan tersendiri. Apalagi ini menjadi pengalaman pertama menggelar seleksi dan pemusatan latihan bertepatan dengan ibadah puasa “Suatu tantangan juga pastinya, apalagi ini menjadi pengalaman pertama. Tetapi mau tidak mau kita harus melaksanakan seleksi dan pemusatan latihan sekarang, karena kompetisi sudah semakin dekat”. Program latihan yang disusun pun menyesuaikan digelarnya ibadah puasa, karena mayoritas pemain yang diseleksi menjalankan ibadah puasa.

“Karena saat ini saatnya berpuasa, maka kami akan menggelar latihan di sore hari saja. Porsi latihan tentu tidak seberat latihan Tim Nasional seperti biasa, mengingat hampir sembua berpuasa.”

Rully menambahkan akan ada pengerucutan pemain yang akan diseleksi secara bertahap. Apalagi 38 nama merupakan jumlah yang cukup banyak. Dirinya dan tim kepelatihan harus benar-benar memilih pemain yang sesuai untuk Garuda Pertiwi ke depannya. “38 ini memang jumlah yang banyak, ditambah banyak dari daerah. Nantinya akan kami kerucutkan menjadi sekitar 26 orang” tutupnya

Sesi seleksi dan pemusatan Timnas Wanita masih akan belangsumg pada 11-25 Mei 2019. ***