NEW CITY - Tim Nasional (Timnas) U 19 Indonesia siap menghadapi laga perdana melawan Filipina pada Turnamen Sepakbola Piala AFF U 19 yang akan digelar di Stadion Di An New City, Vietnam, Selasa, 6 Agustus 2019.

"Kami sudah siap tempur di turnamen ini. Pemain antusias dan mereka dalam kebugaran dan kondisi fisik yang baik," kata pelatih Timnas U 19 Indonesia, Fakhri Husaini melalui surat elektronik, Senin, 5 Agustus 2019. 

"Saya harap para pemain bisa rileks, nikmati pertandingan, tetap respek pada lawan (sebelum, sesaat dan setelah pertandingan), serta bisa mengambil pelajaran dari setiap laga yang mereka jalani," tambahnya. 

Kesiapan menghadapi laga perdana juga diungkapkan pemain tengah Timnas U 19 Indonesia, Rendy Juliansyah. Bahkan, dia dan teman-temannya sudah tidak sabar lagi untuk bisa memberikan yang terbaik bagi skuat Merah Putih.

"Kami sudah tidak sabar bermain di turnamen ini, pelatih sudah memberikan latihan persiapan bagi saya dan tim. Beberapa uji coba juga telah kami jalani. Saya dan teman-teman akan berjuang keras dan siap bertempur, serta respek terhadap semua lawan yang akan kami hadapi,:" katanya.

Tim Nasional Indonesia U-18  telah menjalani latihan perdana yang berlangsung di lapangan latihan klub Becamex Binh Duong FC, Minggu (4/8) pagi. Pasukan Garuda Nusantara ini tiba di Vietnam, Sabtu (3/8/2019) pukul 17.05 waktu setempat. 

“Latihan pertama kami di Vietnam lebih kepada pemulihan fisik pemain setelah kemarin tiba disini. Setibanya disini hari sudah malam dan pemain saya berikan waktu untuk istirahat di hotel. Setelah makan malam, mereka langsung menuju kamarnya masing-masing,” ungkap Fakhri Husaini.

“Alhamdulillah, kondisi pemain dalam keadaan baik. Kami fokus kepada latihan untuk mempertajam kemampuan transisi positif dan negatif serta set piece satu dua sentuhan lalu shooting,” tambahnya.

Dalam turnamen kali ini, Fakhri menegaskan kembali kepada para pemainnya untuk memberikan yang terbaik. "Saya katakan kepada pemain, disini ada 12 negara lain yang ingin merebut piala itu. Dahulu piala ini sempat dibawa pulang Indonesia, era Evan Dimas, dkk. Lalu kemudian piala itu direbut oleh Malaysia. Kini saatnya kita rebut kembali. Pantang bagi kami menerima piala tersebut tanpa melalui perjuangan di atas lapangan," tegas Fakhri.

Daftar nama 23 pemain untuk Piala AFF U-18 Vietnam

Kiper:

1. Ernando Ari Sutaryadi – PPLP Jawa Tengah

2. Muhammad Risky Sudirman – Persija Jakarta

3. Muhammad Adisatryo – PPLP Jakarta

Belakang:

4. Komang Teguh Trisnanda – Diklat Ragunan

5. Muhammad Salman Alfarid – Diklat Ragunan

6. Bayu Mohamad Fiqri – ASIFA

7. Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi – Barito Putera

8. Mochammad Yudha Febrian – Barito Putera

9. Rizky Ridho Ramadhani – Persebaya Surabaya

10. Muhammad Fajar Fathur Rahman – ASAD 313

11. Muhammad Fadhil Adhitya Akshah – PPLP Jakarta

12. Alfeandra Dewangga – PPLP Jawa Tengah

Tengah:

13. Brylian Negiehta Dwiki Aldama – Persebaya Surabaya

14. Theo Fillo Da Costa Numberi – Persipura Jayapura

15. David Maulana – Barito Putera

16. Beckham Putra Nugraha – Persib Bandung

17. Khairul Imam Zakiri – Leganes Academy

18. Rendy Juliansyah

19. Braif Fatari – Persija Jakarta

20. Mochammad Supriadi – Persebaya Surabaya

Depan:

21. Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri – Barito Putera

22. Saddam Emiruddin Gaffar - PPLP Jawa Tengah

23. Sutan Diego Armandoondriano Zico – Persija Jakarta

Jadwal Pertandingan Indonesia di AFF U-18:

6 Agustus 2019 – Indonesia vs Filipina, Stadion Di An, Pukul 15.30

8 Agustus 2019 – Indonesia vs Timor Leste, Stadion Binh Duong, Pukul 18.30