BANGKINANG - Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) 2019 yang mengabdi di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar kembali melaksanakan salah satu program kerja (proker) mereka, yaitu desain Commuter Floating Homestay (homestay apung) di kawasan wisata Dermaga Tepian Mahligai, Danau PLTA Koto Panjang.

Proker ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian mahasiswa Kukerta tematik kepada masyarakat sekitar dengan mitra kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kampuong Danau Koto Panjang yang mengelola Objek Wisata Dermaga Tepian Mahligai.

Kegiatan ini dibimbing oleh Pedia Aldy, S.T., M.Sc. dan Muhd. Arief Al Husaini, S.T., M.T. yang merupakan dosen teknik arsitektur UN

Aldo Afyar yang merupakan mahasiswa Kukerta tematik UNRI Desa Pulau Gadang kepada waryawan, Jumat (16/8/2019) mengatakan, Desain Commuter Floating Homestay ini bertujuan guna meningkatkan perkembangan pariwisata di kawasan wisata Dermaga Tepian Mahligai. 

Ads
Ia menambahkan, dengan adanya homestay atau penginapan, para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar daerah dapat tinggal di Dermaga Tepian Mahligai. "Tidak hanya sekedar berfoto-foto lalu pulang," ujar Aldo.

Disamping itu, Pahmi Iria yang merupakan koordinator desa (kordes) Kukerta tematik Unri Desa Pulau Gadang mengungkapkan, melalui pembuatan desain homestay ini diharapkan dapat memajukan pariwisata di Kabupaten Kampar sekaligus dapat mendorong usaha ekonomi kreatif di kawasan wisata Dermaga Tepian Mahligai. 

''Kawasan Tepian Mahligai ini memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang, adanya homestay nantinya akan dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung kesini sehingga bisa menikmati berbagai objek wisata yang ada,'' pungkasnya. ***