PEKANBARU - Personel Brimob dikerahkan memadamkan kebakaran lahan seluas 5 hektare di Desa Teluk Nilap, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Personel gabungan Polres Rokan Hilir dibantu anggota Brimob dipimpin Komandan Bataliyon B Pelopor Manggala Jonson AKBP Indra Duaman, SIK, MT.

''Lokasi terbakar di Dusun Teluk Durian RT02/RW01 Desa Teluk Nilap sedang dalam proses pemadaman dan pendinginan,'' ujar Danyon B pelopor, AKBP Indra Duaman kepada GoRiau.com, Jumat (16/8).

Tim Brimob 25 personel dan puluhan anggota Polres Rokan Hilir, serta masyarakat sekitar berjibaku memadamkan lahan tersebut milik masyarakat yang sedang diselidiki penyebabnya dan modusnya.

''Peralatan berupa sejumlah alat pemadaman seperti mini striker, mesin Robin, selang dan lainnya, kebakaran sejak 3 hari lalu,'' kata Indra.

Selain di sana, petugas juga memadamkan kebakaran lahan di Dusun Muara Keluang Kepulauan Bangko Pusako seluas 2 ha. Api sudah berangsur padam, namun mereka masih melakukan pendinginan dan berjaga agar api tidak kembali muncul.

''Sebab, lahan di lokasi tersebut berstruktur gambut yang mudah terbakar dan menjalar. Ditambah lagi sumber air yang jauh karena musim kemarau. Jadi kita tetap di sini dulu untuk berjaga,'' kata Indra. (gs1)