TEMBILAHAN- Berdasarkan data yang ada, setiap tahunnya, 800 orang di Inhil buta akibat katarak, untuk mencegah hal itu terus berlanjut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil rutin melakukan operasi katarak gratis setiap tahunnya.

Seperti yang dilaksanakan, Sabtu (5/8/2017), bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Pemkab Inhil menggelar operasi katarak di RSUD Puri Husada Tembilahan.

Diikuti sebanyak 223 orang, operasi direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2017.

Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, Irianto menjelaskan, sejatinya ada 250 orang yang mendaftar, namun hanya 223 orang yang layak mengikuti operasi yang digelar dalam rangka Milad ke-52 Kabupaten Inhil yang jatuh pada 14 Juni itu.

''Setiap tahunnya, peserta operasi katarak ini terus meningkat, sudah empat tahun kita laksanakan, untuk tahun ini target kita 250, tapi hanya 223 orang yang layak ikut,'' ujar Irianto.

Sementara itu, Ketua Perdami, Efhandi Nukman menjelaskan, Perdami sendiri memiliki program pemberantasan buta katarak di seluruh Indonesia.

''Di Indonesia terdapat 1,5 persen dari seluruh populasi penduduk Indonesia buta karena katarak. Kita senang, karena untuk Inhil sangat respons akan penderita buta katarak apabila di bandingkan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau,'' ujarnya.

Bupati Inhil, HM Wardan, saat membuka operasi katarak berharap, kegiatan bhakti sosial ini bisa membuat penderita katarak bisa bergembira karena bisa sembuh dari penyakitnya.

Tidak lupa, ia juga menghimbau kepada Camat, Lurah, Kepala Desa dan RT/RW untuk mendata penderita katarak agar kedepannya bisa dianggarkan melalui Dinas Sosial sehingga suatu saat Inhil bebas penderita katarak.

''Kepada para penderita katarak jangan takut melakukan operasi katarak demi kesehatan mata kita. Karena, operasi ini didukung dengan peralatan yang canggih serta dokter spesial. Sehingga Mata kita sehat kembali dan kalau Mata kita sehat sepatutnyalah kita bersyukur kepada Allah dan bisa kembali membaca Al-Qura'an. Dengan banyak membaca Al-Qur'an bisa membuat mata kita tetap sehat di samping itu kita juga mendapat rahmat dari Allah SWT,'' tukas HM Wardan.(adv)