SEGUDANG pengalaman bertanding dalam pertarungan berbagai seni beladiri menjadi modal bagi atket kick boxing putri Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol untuk meraih prestasi pada ajang SEA Games XXX yang akan digelar Filipina, 31 Nopember hingga 12 Desember 2019. Wajar jika medali emas menjadi incaran gadis kelahiran Dolok Sanggul, Sumatera Utara, 16 Mei 1988.

"Saya itu sangat menyenangi olahraga beladiri. Hampir semua beladiri saya tekuni. Dari mulai wushu, tinju, pencak silat, muaythai hinggaa kick boxing. Makanya, ketika terpilih masuk pelatnas kick boxing saya merasa tertantang untuk bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia di SEA Games Filipina 2019," kata Priscilia Hertati Lumban Gaol yang ditemui di Icuk Sugirto Trainning Camp (ISTC) Cisaat Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019) malam.

Penampilan di SEA Games Filipina 2019 sangat berarti bagi Priscilla Hertati Lumban Gaol yang akrab dipanggil Thathie. Di cabang olahraga wushu, dia sudah pernah tampil pada kejuaraan Asia, dunia dan Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

"Penampilan perdana di Filipina melengkapi jenjang event yang saya ikuti. Jadi, SEA Games Filipina 2019 ini sangat penting bagi saya," jelas petarung Mix Martial Art (MMA) ini.

Soal saingan di Filipina, Thathie tidak terlalu memikirkannya. Dia akan memanfaatkan kemampuan dan pengalaman bertanding untuk bisa memenangkan setiap pertarungan. "Memang penting untuk mengetahui karakter lawan. Tapi, saya tidak mau terlalu memikirkannya. Kemenangan itu kan ditentukan dengan kemampuan kita mengantisipasi semua serangan dan melepaskan pukulan maupun tendangan untuk meraih poin saat menghadapi lawan di atas ring nanti," jelasnya.

Anak kedua dari enam bersaudara pasangan W Lumban Gaol dan R Manurung ini sangat menyenangi olahraga beladiri meskipun sempat dilarang. "Saya memang sempat dilarang kedua orang tua yang lebih menginginkan saya menekuni dunia pendidikan. Tapi, saya tetap saja nekad menjalani hobi hingga sekarang. Rasanya, saya tidak mungkin bisa terpisah dari olahraga beladiri," akunya.

Ya, Priscilla Hertati Lumban Gaol merupalan saru-satunya dari sembilan atlet kick boxing pelatnas yang sudah merasakan tampil pada multi event.

Ketika ditanyakan apakah tidak terganggu jika tampil di kick boxing karena sering tampil pada pertarungan MMA yang ada bantingan dan kuncian, Thathie menjawab, "Tak ada masalah. Kalau tampil di kick boxing yah pasti mengikuti aturan yang berlaku."

Bio Data

Nama : Priscilla hertati Lumban Gaol

Panggilan :Thathie

Lahir :Dolok Sanggul, Sumatera Utara, 16 Mei 1988

Nama orang tua : W. Lumban Gaol/R. Manullang

Posisi dalam keluarga : Anak kedua dari enam bersaudara

Dasar Beladiri : Wushu

Prestasi :

- Emas Porprov II Banteng Wushu 2006 ,
- Emas Porda Wushu DKI Jakarta 2008
- Juara Tinju Pofesional 2007
- Perunggu PON Riau 2012
- Perak Kejurnas Wushu Senior Riau 2013
- Perunggu World Wushu Championship 2014
- Perak Naksoo road to victory II Muaythai 2015
- Juara 2 one championship 24
- Juara 1 one championshi 25
- Juara One Championship 26
- Juara One Championship 27
- Juara One Championship 28
- Juara One FC (Malaysia) 2017
- Juara World Muaythai Organization Timor Leste 2017'
- Juara One Championhips Kings of Courage Jakarta 2018
- Juara One Championships Jakarta 2019J
- Juara One Championship Myanmar 2019
- Juara One Championship Jakarta 2019
- Emas Kejurnas Kick Boxing Jakarta 2018
- Emas Kejurnas Kick Boxing Jakarta 2019. ***