PEKANBARU, GORIAU.COM - Seekor buaya sepanjang dua meter, ditangkap warga Tenayan Raya kelurahan Sail, usai menyambar tangan seorang penjaga kolam ikan, Rabu (13/5/2015). Sebelum tertangkap, buaya ini terperangkap di jaring ikan yang dipasang warga di sekitar lokasi.

Jarwo (40), terpaksa dilarikan ke rumah sakit dan mendapat sembilan jahitan pada tangan kanannya, usai disambar buaya siang tadi. Ia yang keseharian berprofesi sebagai penjaga kolam ini tak mengira bila aktifitas yang rutin dilakukan setiap hari, justru berujung naas.

"Korban awalnya mau melihat jaring ikan yang dipasang di sungai Tenayan. Tiba-tiba disambar tangannya sama buaya tersebut. Kami dengar Jarwo berteriak minta tolong. Saat itu kami ada disekitar lokasi kejadian langsung kesana. Saat itu tangannya sudah berdarah," tutur Putra (28), warga di sekitar kejadian.

Sempat saat itu, Putra bersama rekan-rekannya membawa Jarwo ke bidan terdekat, namun karena lukanya yang cukup parah, ia pun segera dilarikan ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. "Di sungai Tenayan ini memang sering warga melihat buaya. Mungkin karena aliran sungainya bermuara kesungai siak, makanya buaya banyak," kisahnya.

Beberapa saat setelah kejadian, warga langsung menangkap buaya yang waktu itu tak berdaya karena terperangkap jaring. Setelah masuk kedalam air, warga berhasil mengamankan buaya tersebut dan mengikatnya di pohon kelapa.

Warga yang mengetahui penangkapan buaya ini langsung berbondong-bondong datang ke lokasi dan mencoba mengabadikan foto predator ganas tersebut, sebelum akhirnya dibawa pihak kebun binatang Kasang Kulim untuk dievakuasi dengan menggunakan mobil Pickup. "Orang kebun binatang bilang jika umur buaya sekitar lima tahun," tukas Putra. (had)