PEKANBARU - Sebagian masyarakat di wilayah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tidak dapat merasakan fasilitas listrik sejak Selasa (25/7/2017) pagi tadi sampai menjelang sore ini, akibat pemadaman yang dilakukan PLN area Pekanbaru.

Pihak PLN melalui Humasnya, Komang mengatakan, pemadaman tersebut karena petugas sedang melakukan pemeliharaan di gardu induk Teluk Lembu (Pengubahan, sebelumnya ditulis daerah Garuda Sakti, red) Pekanbaru. Mestinya sudah selesai siang tadi, namun ada sedikit kendala sehingga molor.

"Estimasinya sampai jam 12.00 WIB tadi, Tapi ada kendala. Pemadaman tersebut sebagian wilayah saja, sesuai jadwal pemeliharaan. Kita pastikan ini bukan pemadaman bergilir," ujarnya berbincang dengan GoRiau.com.

Dijelaskannya, pemeliharaan itu dilakukan bertujuan untuk penguatan sistem, di mana ada penambahan daya (Pengguna listrik baru, red). "Kan kita buka penambahan daya gratis dan sambung baru," yakin Komang.

Ads
"Dari sisi daya sebenarnya saat ini justru surplus, makanya kita layani penambahan sambung baru. Namun sambung baru kan memperbanyak jumlah arus yang lewat di jaringan, alat yang menopangnya itu juga mesti kuat, untuk itu kita lakukan pemeliharaan," jelasnya.

"Kan pemeliharaannya tidak bisa dilakukan saat menyala. Terpaksa kita padamkan sementara sampai selesai. Kita tidak dapat prediksi," pungkas dia.

Sebagian warga yang mengalami pemadaman sempat bertanya-tanya terkait belum menyalanya listrik di rumah mereka. Karena tak biasanya listrik padam hingga berjam-jam, seperti yang terjadi sepanjang hari ini.

Akibatnya, sebagian warga Kota Pekanbaru pun kesulitan beraktivitas, terutama pekerjaan yang menyangkut penggunaan aliran listrik. "Jadi pakai genset, ini sejak pagi tadi jam 08.00 WIB," ungkap Lia, pengusaha laundry kiloan. ***