BENGKALIS-Bupati Bengkalis, Kasmarni menerima audiensi dan silaturrahmi pengurus Forum Kerunan Umat Beragama (FKUB) Bengkalis di Wisma Sri Mahkota Bengkalis, Rabu (8/9/2021).

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis pada pemuliaan nilai-nilai agama, Bupati berharap FKUB Kabupaten Bengkalis untuk tetap menampung aspirasi, membantu mengurai potensi konflik dan menyejukkan ummat beragama di Negeri Junjungan.

Memang lanjutnya, Kabupaten Bengkalis masih dalam kondisi aman dan tidak terjadi gejolak konflik. Namun pemerintah daerah sangat berharap FKUB tetap membangun komunikasi antar tokoh agama di negeri ini dan sama-sama segera meredam jika terdapat gejolak.

"Kami pada prinsipnya siap mendukung program yang dilakukan FKUB Bengkalis. Apalagi FKUB ini merupakan lembaga untuk menjaga kerukunan antara umat beragama. Selain itu juga FKUB salah satu lembaga perizinan seperti mendirikan masjid/mushola dan sebagai tempat penyelesaian permasalahan umat beragama lainnya," ucap Kasmarni.

Terkait dengan apa yang diminta Ketua FKUB Bengkalis, Bupati menyarankan untuk berkoordinasi dengan instansi terkait supaya segera dapat dibantu dari Pemkab Bengkalis.

"Silakan kepada pihak FKUB segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait kami, semoga persoalan dan keinginan tersebut segera teratasi secara baik," tuturnya.

Ketua FKUB Bengkalis, Nur Nawawi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memfasilitasi FKUB dalam menjalin komunikasi antar tokoh lintas agama guna terjalinnya komunikasi aktif yang positif. Dan terima kasih juga kepada Bupati beserta jajaran telah meluangkan waktu untuk FKUB bersilaturahim dan audiensinya.

“Dapat kami laporkan bahwa sepanjang 2020 hingga 2021 ini, Kabupaten Bengkalis masih dalam keadaan aman dan kondusif. Meskipun ada beberapa permasalahan yang sudah ditangani maupun masih dalam proses,"tuturnya.

Narwawi mengatakan, tujuan kunjugan tersebut selain memperherat tali silaturahim, pihaknya juga menyampaikan beberapa program FKUB.

"Selain menjalin silaturahim dan menyampaikan program FKUB, kami juga meminta kepada Bupati Bengkalis, pertama pendirian atau pinjaman Kantor Sekretariat FKUB, kendaraan roda empat dan terakhir permasalahan dana Buk bupati, jadi kami mohon kepada bupati untuk memperhatikan hal tersebut,"katanya.

Turut mendampingi Bupati, Asisten Tata Pemerintahan Setda Bengkalis Andris Wasono, Kepala Dinas Kominfotik Bengkalis Johansyah Syafri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.***