TELUKKUANTAN - Tepian Napagh Kuniang terletak di Desa Seberang Cengar, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, sekitar 40 KM dari Kota Telukkuantan. Wisata sungai ini menjadi pilihan yang tepat untuk liburan keluarga.

Wisatawan akan dimanjakan dengan kondisi sungai yang alami. Air nan jernih mengalir di sungai dengan dasar tanah liat. Ada juga bebatuan karang dan di pinggir sungai dipenuhi dengan pasir putih layaknya pantai di bibir laut.

Di seberangnya terdapat tebing dengan ketinggian lebih kurang empat meter. Tebing setengah lingkaran ini terbentuk secara alami, memberi kesan tersendiri bagi wisatawan.

Kondisi ini benar-benar memanjakan pengunjung. Terlebih, wisatawan yang memiliki minat berpetualang bersama keluarga. Selain murah, juga aman untuk mengajari anak-anak berenang.

GoRiau Wisata sungai di Seberang Ceng
Wisata sungai di Seberang Cengar cocok untuk liburan bersama keluarga

Untuk masuk, tiket masuk sebesar Rp2 ribu per kepala untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak gratis. Sedangkan tarif parkir untuk kendaraan roda empat senilai Rp5 ribu. Di lokasi ini, pengelola juga telah menyediakan tempat ibadah dan ruang ganti pakaian.

"Aksesnya sangat mudah. Bisa dicapai kendaraan roda empat. Saya pikir ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Tapi, saya berharap pengelola menyediakan kamar kecil," ujar Ana, salah seorang pengunjung, Ahad (16/1/2022).

Tepian Napagh Kuniang mulai dikenal masyarakat Kuansing sejak setahun terakhir. Objek wisata ini semakin viral saat liburan natal dan tahun baru. Keberadaannya menambah destinasi wisata baru di Kuansing.***