TIRZA Yo Zandra lahir di Malang, Jawa Timur, di tengah orang tua yang berbeda agama. Ayahnya non-Muslim, sedangkan ibunya Muslimah.

Dikutip dari Republika.co.id, sejak kecil Tirza sudah diarahkan memeluk agama yang dianut ayahnya, non-Islam. Tirza ditempa untuk menjadi pribadi yang taat beribadah. Dirinya tidak pernah absen mengikuti ritual agama sang ayah. Malahan, sempat berkeinginan menempuh sekolah khusus demi menekuni agama non-Islam tersebut.

Saat Tirza remaja, kedua orang tuanya berpisah. Kondisi ini membuatnya sangat terpukul dan hampir depresi. Ternyata, berbagai cobaan hidup yang dialaminya itu menjadi awal baginya untuk mendapatkan hidayah Ilahi. 

Setelah ayah dan ibunya berpisah, ia tinggal bersama ayahnya.Tak menunggu waktu lama, kehidupan sehari-hari menjadi sangat berbeda bagi Tirza. Ia lalu merasa tertekan, baik secara mental maupun spiritual.

Saat mengalami masalah batin, fisiknya ikut menjadi sakit. Kira-kira, dua bulan lamanya kesulitan itu dialaminya. Karena merasa tidak punya siapa-siapa sebagai tempat bercerita, ia menjadi kesepian. Untungnya, momen itu seperti membuka jalan baginya untuk lebih religius. Ia kian sering berdoa dan beribadah.

Harapannya, hati dan pikirannya akan makin tenang dengan terus giat mengamalkan ritual-ritual agama. Nyatanya, saat itu, ia merasa ibadah-ibadah yang dijalaninya tidak menenteramkan diri. Batinnya dari hari ke hari kian terasa kosong.

''Saya waktu itu (sebelum memeluk Islam, red) merasa kosong di hati. Ini terjadi selama dua bulan dan menyebabkan saya jatuh sakit,'' tuturnya sebagaimana dikutip dari Harian Republika, beberapa waktu lalu. 

Ia kala itu lebih sering tinggal seorang diri di dalam rumah. Ayahnya sering bekerja di luar. Untuk mendapatkan bantuan ke dokter, misalnya, Tirza cenderung mengandalkan saudara sepupu dari pihak ibunya.

Saudaranya itu adalah seorang Muslim. Salah satu hobinya adalah membaca Alquran.Waktu itu, Tirza tidak begitu paham apa yang dibaca sepupunya itu. 

Suara lantunan ayat-ayat suci Alquran terdengar syahdu olehnya. Bahkan, hatinya menjadi tenteram ketika menyadari sumber suara merdu itu berasal dari saudaranya yang sedang mengaji.

''Saya baru pertama kali mendengar suara orang mengaji di dalam rumah. Sebelum-sebelumnya, memang banyak suara pengajian dari masjid sekitar, misalnya. Tapi, saat itu terasa berbeda, begitu menenangkan hati,'' tuturnya.

Pada malam harinya Tirzaa tertidur pulas dan bermimpi. Dalam mimpinya itu, ia menjumpai sosok kakeknya yang telah wafat. Sang kakek semasa masih hidup bekerja sebagai seorang agamawan. Kepada sang cucu, kakek ini berpesan bahwa apa pun keputusan Tirzaa, itu harus dijalani dengan sepenuh hati; jangan setengah-setengah. 

''Papi dukung apa pun keputusan kamu, begitu kata terakhir beliau di mimpi saya. Saya memanggil kakek saya dengan sebutan papi,'' jelasnya.

Beberapa hari telah berlalu. Uniknya, setiap malam, Tirza sering memimpikan pertemuan yang sama. Bahkan, kakeknya itu juga menyampaikan pesan yang sama.

Tirza tidak memahami maksud perkataan sang kakek. Namun, mimpi berikutnya membuatnya sedikit merenung. Dalam mimpinya tersebut, ia seperti berada di sebuah tempat ibadah, tetapi bukan khas agama non-Islam yang sedang dianutnya saat itu. Beberapa malam kemudian, ia bermimpi sedang berdiri di tepian sungai yang mengalir.

Untuk menenangkan hatinya, Tirza kian meningkatkan intensitas ibadah dan amalan- amalan kebaikan. Menjelang tidur, ia makin rutin berdoa, memohon petunjuk kepada Tuhan. Akan tetapi, pikirannya justru tak lepas dari bayangan tentang Islam.

Sempat terpikir pertanyaan dalam dirinya, siapa yang akan membimbingnya kepada Islam. Kalaupun meminta ibunya, permintaan itu mungkin disanggupi. 

Namun, bukan ritual harian Muslim saja yang diinginkannya, melainkan juga sampai mendalami ajaran agama ini. Terlebih lagi, ada kekhawatiran bila ayahnya, beserta keluarga besar, akan merespons negatif.

Dengan segala pertimbangan itu, Tirza pun belum berani untuk secara terbuka memeluk Islam.

Yang dilakukannya hingga saat itu sekadar yang bisa diperbuatnya seorang diri. Sebagai contoh, mencoba-coba berbusana Muslimah. Ia pun belajar memakai jilbab. Khawatir ayahnya akan mengetahui, ia pun diam-diam mengenakan kain penutup kepala itu. 

''Saat hendak pergi ke lokasi-lokasi dekat rumah, saya tidak mengenakan jilbab. Tapi, waktu pergi ke (tempat yang) agak jauh, barulah saya memakai jilbab yang saya bawa dalam tas,'' ujarnya mengenang.

Tirza mengaku, saat itu, walaupun belum resmi berislam sangat senang berjilbab. Ia merasa aman dan hatinya pun tenteram ketika memakai kain busana khas Muslimah itu. Namun, akhir nya ayahnya mengetahui hal itu.

Meskipun dimarahi bapaknya, Tirza bergeming. Tekadnya sudah bulat untuk memeluk Islam. Ia lalu mengunjungi ibunya untuk mendiskusikan niatnya menjadi seorang Muslimah. Hari itu tepat pada 6 Juli 2018.

''Mama kaget, dikiranya saya hamil dan memiliki pacar seorang Muslim sehingga `terpaksa' memeluk Islam. Padahal, tidak begitu. Saya tahu batasan-batasan dalam pergaulan sebelum menikah. Saya juga bisa menjaga diri,'' katanya.  

Setelah mengetahui duduk perkara, ibunya mengucapkan syukur. Kepada putrinya itu dijelaskan bahwa menjadi seorang Muslimah tidaklah mudah. Apalagi, ayah Rirza belum mengetahui hal tersebut. Bisa jadi, konflik nanti menjadi tidak terhindarkan.

Tirza hanya berpikir, yang terpenting baginya adalah resmi berislam terlebih dahulu. Kalaupun ada masalah di kemudian hari, itu bisa dipikirkan belakangan. 

''Aku sudah besar, aku bisa menentukan jalan hidupku sendiri, saya mengatakan itu. Mama lalu hanya diam saja, tak lagi berkomentar,'' tutur Zandra.

Akhirnya, disepakatilah bahwa Tirza akan mengucapkan dua kalimat syahadat dengan bimbingan seorang ustaz. Kebetulan, masjid di dekat rumah ibunya beberapa kali menjadi tempat bersyahadat sejumlah mualaf. Kemudian, Tirza dipertemukan dengan Ustaz Mujib. Di depan tokoh agama Islam tersebut, perempuan ini lalu bersyahadat. 

Beberapa hari sesudah momen tersebut, kabar menyeruak ke mana-mana. Akhirnya, ayahnya mengetahui bahwa Tirza telah Muslimah. Anak perempuan itu lalu diusir dari rumah.

Keretakan hubungan dengan ayahnya itu berlangsung hingga Tirza menikah dan dikarunia buah hati. Silaturahim wanita yang kini berusia 23 tahun itu dengan ayahnya kini sudah terjalin kembali dengan baik.***