DENPASAR - Angin segar diberikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020. Musim ini, ada perubahan regulasi terkait pemain untuk 18 klub kontestan Liga 1 2020 yang bisa dikatakan cukup menguntungkan.

Musim lalu, jumlah pemain yang boleh didaftarkan berjumlah 30 pemain. Sekarang, kuota ditambah menjadi 33 pemain. Khusus untuk Bali United dan PSM Makassar yang berlaga di AFC Cup 2020, kuota pemain yang diperbolehkan untuk didaftarkan berjumlah 36 pemain.

Selain itu, kuota pemain U-23 dihapuskan musim ini. Keputusan dari PT LIB ini membuat Pelatih Bali United Stefano "Teco" Cugurra sumringah. Teco menilai keputusan ini bisa membuat dia lebih leluasa untuk meracik komposisi pemain. Apalagi musim ini, skuad Bali United berjumlah 35 pemain.

“Bagus kami bisa mendaftarkan pemain lebih banyak musim ini. Apalagi kami baru mendapatkan draft jadwal Liga 1 saja. Kami tidak tahu apakah ada kompetisi lainnya selain Liga 1 dan AFC Cup,” terang Teco.

Mengenai regulasi pemain U-23 yang dihapus, Teco mengaku tidak masalah sama sekali. “Soal pemain U-23, kami sudah mempersiapkannya sejak tahun lalu. Kami sudah punya pemain U-23 dan PSSI (PT LIB) menghapus regulasi pemain U-23 dan klub bebas mendaftarkan pemain,” tutup ayah dua anak tersebut. ***