PEKANBARU - Tim Renang Riau mendulang satu emas, satu perak dan satu perunggu di hari pertama bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Ketua Harian Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Riau, Deni Hermanto mengatakan, satu emas diperoleh Azzahra Permatahani di Nomor 400 meter gaya ganti putri. Pada nomor pertandingan ini, satu perunggu juga diraih Vanessha Ananda Afato dari Riau, sedangkan perak diperoleh atlet Jawa Timur.

"Kemudian, Azzahra kembali mendapatkan perak di Nomor 200 meter gaya ganti putri. Ia kalah dari atlet Pelatnas asal Jawa Timur, Nurul yang berhasil meraih emas," ujarnya, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, Azzahra memang menjadi andalan di Nomor 400 meter gaya ganti putri. Atlet ini cukup jauh meninggalkan perenang Jatim yang akhirnya meraih medali perak.

"Rata-rata memang perenang yang tampil di PON ini adalah para perenang nasional, termasuk juga Azzahra," jelasnya.

Selain itu, Deni mengatakan pihaknya masih optimis dengan peluang emas untuk nomor pertandingan selanjutnya. Mengingat masih banyaknya nomor pertandingan yang akan diikuti di PON XX Papua.

"Masih banyak lagi yang akan dipertandingkan dan Azzahra akan ikut dalam enam nomor. Dua sudah dijalani yakni nomor 200 dan 400 meter gaya ganti putri. Vanesha juga akan ikut dalam enam nomor pertandingan dan baru satu yang sudah diselesaikan," jelasnya.

"Lalu masih ada perenang putra, Faisal Dewantara yang akan turun di lima nomor pertandingan," imbuhnya.

Dengan masih banyaknya kesempatan dan peluang pertandingan tersebut, Deni mengakui pihaknya menargetkan setidaknya tiga medali emas. Ia juga meminta doa masyarakat Riau untuk mencapai target tersebut.

"Kita berharap doa dari seluruh masyarakat Riau agar Renang bisa mencapai target dan tetap bisa mempertahankan nama Riau di tingkat nasional," pungkasnya. ***