PEKANBARU - Juru Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengumumkan kasus positif Covid-19 di Riau, pada Senin (13/7/2020) bertambah tiga kasus baru. Sehingga total kumulatif kasus positif Covid-19 di Riau saat ini menjadi 243 kasus.

"Ada penambahan tiga kasus baru, berarti total jumlah kasus di Riau jadi 243 kasus. Tiga kasus baru ini sendiri terdapat di Kabupaten Kampar, Siak dan Kota Pekanbaru. Dua tanpa gejala saat rapid test dan satu lansia yang memang ada gejala," kata Yovi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin sore.

Ia menjelaskan, bahwa pasien Covid-19 ke-241 adalah tuan R (35) warga Kampar dan saat ini sudah dirawat di rumah sakit Kampar.

"Pasien ke-241 ini melakukan rapid test, dan hasilnya reaktif. Saat diswab ternyata positif Covid-19. Riwayat perjalanannya dari Sumatera Barat sekitar dua minggu yang lalu," kata Yovi.

Kemudian, pasien ke-242 adalah tuan R (26) warga Provinsi Sumatera Selatan yang akan bekerja di salah satu perusahaan di Riau, tetapi karena perusahaan itu mewajibkan pemeriksaan rapid test, maka pasien tersebut melakukan pemeriksaan rapid test mandiri.

"Maka tuan R (26) ini pun menjalani rapid test. Hasilnya reaktif dan swabnya positif," ujarnya.

Lalu, pasien ke-243 adalah nyonya F (80) warga Siak. Pasien ini datang ke rumah sakit dengan keluhan.

"Pasien nyonya F (80) ini sudah sepuh (lansia, red), datang ke rumah sakit dengan keluhan ada demam, sudah di-rontgen dan hasil rontgen fotonya menggambarkan seperti ada infeksi di paru-paru. Lalu diswab ternyata positif. Namun riwayat penularan dan perjalanannya belum bisa dipastikan," ujarnya. ***