PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau kembali mengusulkan anggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk APBD Riau 2021, sebesar Rp45 miliar. Anggaran ini diperuntukkan bagi biaya keberangkatan kontingen, atlet dan peralatan bertanding atlet serta perlengkapan kontingen.

"Dulunya kan untuk PON yang dijadwalkan tahun 2020, kita juga mengusulkan Rp43-45 miliar di APBD 2020, tetapi hanya Rp23 miliar yang disahkan. Karena PON diundur ke tahun 2021, kita juga mulai lagi dari awal dan kembali mengajukan anggaran Rp45 miliar," ujar Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, untuk PON XX yang sudah ditetapkan digelar pada Oktober 2021 mendatang, KONI Riau akan memberangkatkan sekitar 175 atlet dan 94 pelatih. Meski ada beberapa penambahan dan pengurangan atlet dari beberapa Cabor, namun jumlah atlet ini tetap seperti yang direncanakan semula.

"Jumlah atlet yang akan kita ikutkan ada 175, sama seperti awal. Kemarin ada seorang yang mengundurkan diri dari Cabor atletik, kemudian ada penambahan dari Cabor menembak, karena satu orang lagi dinyatakan lolos ke PON, jadi jumlah keseluruhan tetap seperti awal," terangnya.***