ROHIL - Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad, mengapresiasi manajemen pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Bidayatul Hidayah yang bisa memberikan pendidikan kepada 3.800an santrinya.

Dikatakan Achmad, dirinya diundang oleh Ponpes yang berada di Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah putih Kabupaten Rokan Hilir ini. Disana, dia mengaku takjub dengan Ponpes ini.

Meskipun baru berdiri 8 tahun yang lalu, menurut Achmad, Ponpes ini, layak dijadikan rujukan oleh Ponpes-ponpes dalam melakukan program pembelajaran, dimana selain memberikan pendidikan agama, ada banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diterima santri.

"Ini yang saya bilang kemarin, Ponpes memang tempat lahirnya calon pemimpin di masa depan, mereka paham agama dan memiliki banyak skil. Dan Ponpes ini layak harus dijadikan rujukan, baik Riau maupun nasional," ujar Politisi Demokrat  ini, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksud Achmad, misalnya pembinaan di sektor perkebunan, pertanian, sektor perkebunan, ekonomi, seni menati hingga latihan bela diri. Dan semuanya dilaksanakan dalam lahan Ponpes yang memiliki luas sekitar 35 hektar.

"Dengan skil ini mereka sudah siap turun ke masyarakat, karena sudah dibekali berbagai ilmu oleh Ponpes," katanya.

GoRiau Achmad saat dipasangkan syal o
Achmad saat dipasangkan syal oleh pimpinan Ponpes.
Ponpes ini, lanjut Achmad, tidak hanya diisi oleh anak-anak Riau saja, namun juga oleh anak-anak dari provinsi lain, bahkan ada juga yang dari negara tetangga seperti Malaysia.

"Manajemen mereka bagus, saya datang saja sudah diperlihatkan berbagai kesenian oleh para santri, ada tari-tarian dan lainnya," tuturnya.

GoRiau Foto bersama Achmad dan pimpin
Foto bersama Achmad dan pimpinan Ponpes.
Pihak Ponpes, kata Mantan Bupati Rokan Hulu dua periode ini, sudah sangat bagus dalam segala aspek. Pun begitu, mereka masih meminta beberapa masukan dari Achmad.

"Mereka tidak minta bantuan, mereka hanya minta masukan, ya kita beri masukan lah, artinya Ponpes ini masih punya keinginan untuk berbenah," pungkasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad, mengatakan keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) di Indonesia merupakan sesuatu yang unik dan tidak dijumpai di negara lain.

Disampaikan Achmad, Ponpes merupakan wadah pendidikan yang unik, dimana mereka memberikan pendidikan berupa kesederhanaan dan kemandirian. Ini membuat lulusan Ponpes merupakan pribadi yang siap turun ke masyarakat.

Pemerintah pusat sendiri sudah memberikan perhatian kepada Ponpes berupa UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren dan kemudian dilanjutkan dengan Perpres tentang Dana Abadi pesantren. ***